Semua Tentang Pengetahuan dan Pelajaran: Pengertian MySQL, Database, Tabel

Saturday, March 28, 2015

Pengertian MySQL, Database, Tabel



Pengertian MySQL
                MySQL merupakan database server open source yang cukup popular keberadaannya. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, membuat software database ini banyak digunakan oleh para praktisi untuk membangun suatu project. Adanya fasilitas API (Aplication Programming Interface) yang dimiliki oleh MySQL, memungkinkan bermacam-macam aplikasi komputer yang ditulis berbagai bahasa pemrograman dapat mengakses basis data MySQL.


Apa Itu Database?
                Database adalah seluruh struktur yang umumnya terbagi dalam dua hal, yaitu database flat dan database relasional. Database relasional lebih mudah dipahami daripada database flat karena database relasional mempunyai bentuk yang sederhana serta mudah dilakukan operasi data. Database yang memiliki struktur relasional terdapat tabel-tabel untuk menyimpan data. Pada setiap tabel terdiri dari kolom dan baris serta sebuah kolom untuk mendefenisikan jenis informasi apa yang harus disimpan.
Mengapa menggunakan database? Itu pertanyaan yang akan keluar dari fikiran Anda pada saat pertama kali ingin mempelajari database. Database akan menjadi sangat berguna saat Anda perlu menyimpan informasi yang dikategorikan secara logis. Contoh, jika Anda ingin menyimpan informasi tentang PT. Wahana Komputer dengan database, Anda bisa mengelompokkan berbagai hal dalam bisnis menajdi beberapa tabel


Database Relasional
                Ketika Anda menggunakan software sistem manajemen database terkomputerisasi, umumnya menggunakan database relasional. Prinsip database relasioanal adalah informasi dibagi menjadi beberapa data yang terpisah secara logis. Data—data yang terpisah tersebut diletakkan dalam bentuk tabel. Tabel adalah objek dasar yang merupakan jantung dari database relasional. Tabel adalah dasar penyimpanan informasi dan pengambilannya (retrieval). Ketika informasi sudah tersimpan di tabel-tabel yang terpisah, Anda nantinya dapat melihat (view), mengeit (edit), menambah (Add), dan menghapus (delete) informasi dengan berbagai metode. Selain itu, Anda juga bisa mengambil informasi menggunakan query dan menampilkan informas menggunakan report.


Keunggulan penyimpanan data menggunakan databes relasional  sangat banyak dibandingkan dengan penyimpanan satu tabel ukuran besar dua dimensi (yang disebut file flat) seperti di dokumen Word atau spreadsheet Excel.
Salah satu keunggulan database adalah berkurangnya rendundansi data. Konsekuensinya tidak hanya ruang penyimpanan harddisk menjadi berkurang, tetapi kecepatan pemrosesan data juga berkurang. Selain itu, ada kelebihan lainnya yaitu:
1.       Fleksibiltas : Jika data berubah, Anda dapat meng-update nilainya hanya di satu tempat. Dengan demikian, semua query, form, dan lainnya akan berubah secara konsekuen dengan nilai yang baru tersebut.
2.       Simple : modal penyimpanan tabel yang merupakan dasar dari sistem relasinal memang simple, dan merupakan metode penyimpanan data yang tak redundan. Tiap tabel didesain relasion untuk objek tunggal yanng mengandung data, yang konsekuen terhadap aspek tertentu dari database, seperti pegawai produk, atau order.
3.       Power : menyimpan data dalam tabel-tabel yang terpisah lebih memudahkan adanya pengelompokan, searching, dan pengambilan data yang menggunakan banyak cara yang tak terbatas.
4.       Kemudahan manajemen : dengan tabel yang kecil dan tidak kompleks, informasi jadi muah dilacak dan diatur.
Misalnya Anda menggunakan database untuk menyimpan data order dari penggalan. Jika menggunakan tabel tunggal, ada banyak record yang dibuat untuk tiap order yang dilakukan pelanggan. Dengan demikian, tiap kali ada order, tiap kali pula sebuah informasi dibuat, walaupun pelanggannya sama. Karena itu, jika suatu saat ada informasi yang berubah (misalnya informasi pelanggan), semua record yang mengandung informasi pelanggan harus diubah. Ini akan sangat merepotkan. Begitu pula informasi tentang pegawai pemrosesan order juga akan terus berulang.
Akan lebih efisien seandainya ada satu tabel pelanggan dan satu tabel untuk pegawai. Kemudian, ada field identitas pelanggan yang di-tambahkan ke tabel pelanggan order sehingga ada hubungan/koneksi antar keduanya. Hubungan ini disebut relationship. Begitu pula idenitas pegawai juga bisa dihubungkan dengan tabel order menggunakan relationship. Secara lengkap, kmponen utama database dijelaskan seperti berikut ini.


Tabel
                Tabel adalah inti konsep database. Tujuannya adalah menyimpan informasi. Tabel satu dengan yang lainnya bisa dihubungkan. Satu database bisa mengandung banyak tabel juga umumnya tak dibatasi, batasnya hanya pada kapasitas disk yang digunakan. Tiap tabel memiliki beberapa kolom, kolom yang mengandung nilai-nilai apa yang bisa disimpan. Misalnya, tabel yang menyimpan informasi produk perlu menyimpan data seperti nama, harga, dan berat produk.
Setiap baris dari tabel bisa mengandung nilai untuk kolom-kolom yang ditentukan di tabel. Tipe data menunjukkan jenis data yang bisa disimpan. Tipe data bisa dibatasi seperti jenis numerik atau tanggal, atau lain sebagainya.


Query
                Anda dapat mengambil informasi tertentu yang disimpan di tabel atau multitable menggunakan query. Untuk membuat query, Anda harus menentukan parameter-parameter dari infirmasi yang ingin di cari. Misalnya, Anda ingin mengambil data penlanggan yang telah membeli barang tipe X selama 3 bulan yang lalu. Dengan demikian, Anda harus mengisikan variabel nama barang dan periode. Informasi yang disimpan juga nantinya bisa diurutkan, di filter dan bisa diatur cara mnampilkannya.


NB : INFORMASI INI DIKUTIP DARI BUKU KARYA WAHANA KOMPUTER

No comments:

Post a Comment