Semua Tentang Pengetahuan dan Pelajaran: Makalah Pengetahuan Bisnis | Cara Merancang Rencana Usaha

Saturday, April 4, 2015

Makalah Pengetahuan Bisnis | Cara Merancang Rencana Usaha


 Bakso Love Selfie Wow
    Disusun Oleh :
 Kelompok 3 
 Kelas : 1-A Sistem Informasi
Ketua        : Santa Tania Christiani Bangun ( Npm : 201402026 )
Anggota    : Lia Novita Sari Junaidi ( Npm : 201402148 )
                     Nurhayati Laia ( Npm : 201402016 )
                     Rita Dameria Manalu ( Npm : 201402032 )
                     Safitri Aventika Hutauruk ( Npm : 201402072 )
                     Syafrizal Fahmi ( Npm : 201402014 )
                     Syerlin Gulo ( Npm : 201402060 )
     
           
  

Daftar Isi
1.4.Nama dan Alamat Perusahaan/Alamat Pemilik Perusahaan…………...…………………………5
2.4.Sumber Keunggulan Kompetitifnya…....………………………………………………...………9
3.2.Analisis Persaingan…………………....……………………………………………....……….10
5.Rencana Produksi/Operasional…………………………………………………………..………12
5.1.Pemilihan Lokasi ( Plant Location )………………………………………………………….12
5.2.Rencana Tata Letak Termasuk Izin Bangunan……………………………………………….12
5.3.Proses Produksi…………………………………………………………………………….12
5.4.Keadaan Gedung Dan Perlengkapan……………………………………………….……….14
5.5. Keadaan Mesin Dan Perlengkapannya…………………………………………..…………14
5.6.Sumber-Sumber Bahan Baku……………………………………………………………….14
6.Rencana Pemasaran………………………………………………………………….………….15
6.1.Target Pasar………………………………………………………………….….…………15
6.2.Penetapan Harga………………………………………………………………..………….16
6.3.Pelaksanaan Distribusi…………………………………………………………...…………16
6.4.Promosi Yang Dilakukan……………………………………………………………………16
6.5.Penembangan Produk………………………………………………………………………16
7.Perencanaan Organisasi……………………………………………………………………….…17
7.1.Bentuk Kepemilikan Dan Struktur Organisasi………………………………………….…….17
7.2.Informasi Tentang Partner……………………………………………………………...……17
7.3.Latar Belakang Anggota Tim Manajemen……………………………………………………18
7.4.Peran Dan Tanggung Jawab Personalia Dalam Organisasi……………………………..…..…18
8.Resiko……………………………………………………………………………………...……19
8.1.Evaluasi Kelemahan Bisnis…………………………………………………………….…….20
8.2.Gambaran Teknologi…………………………………………………………………..……20
9.Perencanaan Keuangan…………………………………………………………………………..21
9.1.Sumber Dana Atau Modal……………………………………………………………..……21
9.2.Pembiayaan Atau Produksi, Tenaga Kerja, Pemasaran, Promosi dan lain-lain………….…….21


BAB I
1.1 PENDAHULUAN
Asal mula Bakso Love Selfie Wow ini Berawal dari besarnya penikmat makanan, khususnya Bakso. Maka terbentuklah ide untuk membuka usaha bakso yang di bentuk oleh 7 orang usahawan. Ide untuk nama tokonya tersebut berawal pula dari kegemaran masyarakat atau mahasiswa yang menggilai foto selfie ( berfoto diri sendiri ). Dan khusu untuk Baksonya sendiri di buat dengan cetakan love, sehingga membuat baksonya menjadi menarik. Sehingga terbentuklah Bakso Love Selfie Wow. Yang terdiri akibat kecintaan masyarakat yang memakannya.
Usaha bisnis yang di beri nama “Bakso Love Selfie Wow” direncanaka bertempat di depan kampus STMIK & AMIK LOGIKA Medan  jalan K.L Yos Sudarso Brayan Medan. Struktur organisasinya terdiri dari pimpinan kemudian di bawahnya diikuti bagian-bagian yang dibantu pekerja. Bagian-bagian itu antara lain ; bagian produksi, bagian pengadaan bahan baku, bagian keuangan, dan bagian pemasaran.
Usaha ini dipilih karena  prospek pengolahan Bakso, sekarang ini cukup menjanjikan serta mudah dalam pembuatanya. Hanya dengan teknologi dan peralatan yang sederhana, serta tidak diperlukannya keterampilan khusus, siapapun dapat membuka bisnis ini. Sasaran pasar bakso ini utamanya adalah mahasiswa STMIK & AMIK LOGIKA dan Masyarakat sekitar Daerah Brayan dan Sekitarnya. Tempat penjualannya didepan kampus, Adapun harga jual dari bakso ini adalah Rp. 8.000/porsi.
Promosi akan dilakukan dengan membagi selembaran-selembaran (brosur) di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu akan dilaukan dengan melalui media internet.
Peluang pasar untuk produk yang berbahan dasar tepung dan daging Sapid an Tuna ini sangatlah besar melihat budaya masyarakat yang konsumtif dan peluang pasar yang menjanjikan. Selain itu daya beli komsumen terhadap produk ini cukup bervariasi dari konsumen elite hingga konsumen menegah bawah. Produk ini dapat dikonsumsi oleh semua golongan karena harganya yang relatif terjangkau serta memiliki nilai kepuasan yang tinggi.
Total biaya usaha ini adalah Rp. 10.500.000 perbulan dan penerimaan per Tahun Rp.117.600.000
sehingga pendapatan pertahunnya adalah Rp.10.500.000*12=126.000.000-6.000.000=120.000.000-2.400.000= 117.600.000/12=9.800.000/7=16.800.000 ( pendapatan anggota/tahun
Maka pendapatan masing-masing anggota perbulan adalah Rp.1.400.000/anggota. Dengan R/Cratio sebesar 1,197 dapat dilihat bahwa bisnis yang dipilih layak untuk dilakukan karena pelaku usaha dapat meraup keuntungan dari usaha yang dilakukan (R/C ratio > 1).

1.1.         Latar Belakang

Bakso merupakan makanan tradisional yang sedikitnya menganduk lemak. Bakso kebanyakan dikonsumsi setelah melalui proses memasak, dan Bakso memiliki manfaat bagi kesehatan manusia, diantaranya membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
Adapun faktor penyebab Bakso kurang disukai yaitu diantaranya tata cara penyajian yang tidak bervariasi, Bakso  tertentu yang kurang disukai, bentuk penyajian yang kurang menarik, rasa Bakso yang tidak enak, dan lain-lain.    


1.2 Tujuan dan Manfaat

Tujuan usaha ‘Bakso Love Selfie Wow yaitu :
  1. Mensosialisasikan hidup Sehat dengan makan makanan bergizi
  2. Menyajikan menu makanan baru yang enak
  3. Menyajikan menu Bakso dengan tata cara penyajian yang menarik, enak, dan sehat  baik berupa makanan atau minuman
  4. Menarik minat bagi orang yang kurang menyukai makanan berat yang lain
Manfaat usaha ‘Warung Bakso Love Selfie Wow’ yaitu :
  1. Masyarakat hidup sehat dengan cara makan makanan bergizi
  2. Menu makanan baru yang sehat dan bergizi  bagi pecinta bakso
  1. Memberikan menu alternatif untuk menikmati bakso dengan tata cara penyajian yang menarik, enak, dan sehat  baik berupa makanan atau minuman
  2. Menu makanan baru yang sehat dan bergizi  bagi semua orang
e.       Menarik minat bagi orang yang kurang menyukai makanan berat lainya.

1.3. Informasi Bisnis
Warung Bakso merupakan suatu tempat makan yang didesain bernuansa kafe akan tetapi sederhana. Warung sehat menjual minuman dan makanan ringan dan berat dengan bahan utama daring dan tepung.  Makanan dan minuman disajikan dengan tata cara penyajian yang menarik. Tata cara penyajian diperhatikan mulai dari tempat makan seperti piring, gelas, sendok, garpu, mangkuk, tempat makanan yang dibawa pulang (plastic), pernak pernik penghias makanan.
                           Contoh Design Warung Bakso Love Selfie Wow
Hal ini semuanya berguna untuk mendukung penyajian makanan dan minuman agar menarik untuk dimakan seperti susunan makanan, ataupun bentuk bakso yang dibentuk agar menarik. Namun juga dengan tidak melupakan rasa dan kualitas makanan dan minuman yang disediakan. Bakso yang disediakan adalah bakso natural yaitu bakso yang dikembangkan dengan tidak menggunakan zat-zat kimiawi seperti formalin atau zat kimiawi lainnya.
Makanan yang disediakan mulai dari makanan ringan seperti kerupuk, kacang-kacangan sampai dengan makanan berat, seperti mie ayam dan menu-menu lainnya. Minuman  dan makanan penutup yang disediakan yaitu jus buah, The botol dan lain-lain. Bahan-bahan yang digunakan dalam makanan dan minuman yang dijual menggunakan bahan-bahan alami. Selain itu penggunaan gula pada minuman terdiri gula biasa atau gula rendah kalori, begitu juga dengan penggunaan sirup dapat dipilih yang rendah kalori atau bukan.
Aktivitas yang dilakukan meliputi proses mencari sayuran dan daging serta bahan makanan dan minuman lainnya, proses memasak, dan proses penyajian. bakso didapat dari pengolahan tepung dan daging yang dibuat secara alami. Bahan yang digunakan sebagai hiasan pada makanandan minuman  dapat berupa sayur atau buah yang dibentuk dengan bentuk menarik atau juga berupa perlengkapan alat makan yang memiliki desain yang unik dan menarik.

1.4.Nama dan Alamat Perusahaan/Alamat Pemilik Perusahaan
Usaha bisnis yang di beri nama “Bakso Love Selfie Wow” direncanaka bertempat di depan kampus STMIK & AMIK LOGIKA Medan  jalan K.L Yos Sudarso Brayan Medan. Struktur organisasinya terdiri dari pimpinan kemudian di bawahnya diikuti bagian-bagian yang dibantu pekerja. Bagian-bagian itu antara lain : bagian produksi, bagian pengadaan bahan baku,
Bagian keuangan, dan bagian pemasaran.Usaha ini dipilih karena  prospek pengolahan Bakso, sekarang ini cukup menjanjikan serta mudah dalam pembuatanya.
                       
Nama dan Alamat Perusahaan/Alamat Pemilik ( Pemilik Yang Bertanggung Jawab )
Nama (Penanggung Jawab)    : Safitri Aventika Hutauruk
Tempat,Tanggal Lahir             : Siranggit-git, 28 April 1997
Alamat                                                : Simalingkar A
Pendidikan                               : Sedang menempuh S1 Program Study Sistem Informasi di      STMIK&AMIK LOGIKA  

Nama                                          : Lia Novita Sari
Tempat, Tanggal Lahir               : Medan, 29 juli 1996
Alamat                                       : Jl. Sei Mencirim
Pendidikan                                 : Sedang menempuh S1 Program Study Sistem Informasi di STMIK&AMIK LOGIKA


Nama                                          : Nurhayati Laia
Tempat, Tanggal Lahir               : Nias, 30 Desember 1995
Alamat                                       : Bayangkara
Pendidikan                                 : Sedang Menempuh S1 Program Study Sistem Informasi di STMIK&AMIK LOGIKA
Nama                                          : Rita Dameria Manalu
Tempat, Tanggal Lahir               : Belawan,  09 April 1996
Alamat                                       : Belawan
Pendidikan                                 : Sedang Menempuh S1 Program Study Sistem Informasi di STMIK&AMIK LOGIKA

Nama                                          : Santa Tania Christiani Bangun
Tempat, Tanggal Lahir               : Medan, 28 Desember 1994
Alamat                                       : Jln. Bawal 14 No.117 B Medan Labuhan
Pendidikan                                 : Sedang Menempuh S1 Program Study Sistem Informasi di STMIK&AMIK LOGIKA

Nama                                          : Syafrizal Fahmi
Tempat, Tanggal Lahir               :Pematang Johar, 18 Desember 1994
Alamat                                       :Dusun 9, Jln.sukasetia Pematang Johar
Pendidikan                                 : Sedang Menempuh S1 Program Study Sistem Informasi di STMIK&AMIK LOGIKA

Nama                                          : Syerlin Gulo
Tempat, Tanggal Lahir               : Medan, 19 Oktober 1995
Alamat                                       : Jl.kuali Medan
Pendidikan                                 : Sedang Menempuh S1 Program Study Sistem Informasi di STMIK&AMIK LOGI


II. VISI DAN MISI
Visi dan Misi Usaha Bakso Love Selfie Wow
VISI
Ø  Bakso yang di buat dengan cita rasa yang khas dan disukai semua kalangan.
Ø  Dapat bersaing dengan bisnis yang lain dan harga yang terjangkau.
Ø  Pembuatan bakso diharapkan menjadi pesaing dikalangan internasional.
Ø  Menjadikan Bakso sebagai usaha makanan cepat saji yang praktis,higienis,sehat dan bergizi dan terdepan di Indonesia tepatnyadi medan.

MISI
Ø  Peningkatan mutu produk  Bakso Love Selfie Wow,Kontrol kualitas (quality control) terhadap jenis produk dan peningkatan pelayanan kepada pelanggan.
Ø  Selalu melakukan inovasi terbaru terhadap semua aspek Bakso Love Selfie Wow , baik dari variasi menu yang disajikan, design produk sampai model pelayanan kepada pelanggan
KEUNGGULAN
Ø  Memiliki cita rasa yang khas
Ø  Terbuat dari bahan alami atau tidak menggandug bahan pengawet
Ø  Harga yang terjangkau
Ø  Bentuk yang unik
Ø  Penyajian yang higienis, dan
Ø  Lokasi yang strategis

2.1. Perusahaan yang bergerak dalam bidang kuliner
Perusahaan yang bergerak dalam bidang kuliner ini menyediakan bakso yang sehat dan bergizi bagi setiap orang yang memakannya, selain itu pelayanan yang di berikan dengan sebaik mungkin dapat di sukai setiap yang datang. Usaha ‘Bakso’ dimiliki oleh 7 orang sebagai pemilik usaha dan 1 orang sebagai penanggung jawab usaha yang melakukan dan memantau proses penggolahan bakso.
Bentuk badan usaha merupakan badan usaha milik kelompok dengan modal milik setiap masing-masing anggota. Usaha ‘Bakso’ masih membuka satu cabang utama yaitu di Medan Brayan. Medan Brayan dipilih sebagai lokasi usaha karena Medan brayan  merupakan ‘salah satu tempat jajanan yang dekt dengan kampus’ sehingga diperkirakan banyak mahasiswa ingin untuk mencoba jajanan di Bakso Love Selfie, karena harganya terjangkau. Daerah yang dipilih sebagai tempat usaha yaitu memiliki kriteria dekat dengan anak sekolah, mahasiswa, dan masyarakat sekitar.
            Warung Sehat merupakan suatu tempat makan yang didesain bernuansa kafe akan tetapi sederhana sehingga diharapkan dengan diletakkan pada daerah dengan kriteria tersebut dapat menjangkau konsumen dengan kriteria tersebut. Anak sekolah dan mahasiswa dapat berkunjung pada hari biasa dan hari libur siang ataupun malam. Dengan lokasi yang berada di daerah Brayan. maka diperkirakan malam hari tetap akan ramai oleh mahasiswa atau anak sekolah yang senang nongkrong.
            Usaha  Segmen pasar yang dipilih dalam usaha ini adalah masyarakat menengah ke bawah dan masyarakat menengah atas. Karena fokus usaha ini adalah pada pengelolaan daging dan tepung in menjadi makanan dan minuman yang variatif dengan segmen pasar yang berbeda dari usaha yang sudah ada sehingga tidak kalah dengan pesaing lain.

2.2. Nilai Dan Prinsip Perusahaan
Fokus, adalah nilai untuk menggarap strategi satu target market khusus. Strategi fokus biasanya dilakukan untuk produk ataupun jasa yang memang mempunyai karakteristik khusus. Beberapa produk misalnya hanya fokus ditargetkan untuk kaum muslim sehingga semua produknya memberikan benefit dan fungsi yang disesuaikan dengan aturan Islam. Produk yang fokus pada target market kaum muslim biasanya selalu mensyaratkan label halal, tanpa riba, dan berbagai aturan lain yang disesuaikan dengan ketentuan Islam.
Perusahaan biasanya memilih salah satu dari ketiga strategi ini yang akan diterapkan, karena bagaimanapun akan sulit menjalankan ketiga strategi ini secara bersamaan. Namun demikian, jika perusahaan memilih salah satu di antara tiga strategi ini, bukan berarti sama sekali meninggalkan yang lain, tetapi dua strategi lainnya biasanya diterapkan pada level yang paling standar.

2.3. Keunikan Perusahaan
Bakso yang dibuat dengan baik dan di buat dalam bentuk yang sangat unik juga memiliki cita rasa yang khas Terbuat dari bahan alami atau tidak menggandug bahan pengawet dapat di nikmati dengan Harga yang terjangkau, selain itu Bentuk yang unik di harapkan dapat menarik pelanggan untuk datang membeli bakso love selfie wow ini. Selain it penyajian yang higienis, sehingga makanan yang dihidangkan dalam keadaan bersih dan sehat, dan juga Lokasi yang strategis membuat masyarakat atau pun mahasiswa dapat cepat mengunjunginya karna tempatnya yang tidak jauh dari pinggir jalan.

Selain itu, pada pelayanan yang baik sangat penting untuk menarik pelanggan. Pemberian pelayanan di sini tidak hanya sekedar pelayanan yang baik, tapi di dalamnya terkandung pesan-pesan tertentu yang disampaikan pada konsumen. Dengan harapan produknya dapat dikenal oleh konsumen luas, sehingga mudah dicari ketika dibutuhkan.

2.4. Sumber Keunggulan Kompetitifnya
Untuk bisa bertahan dalam persaingan, perusahaan harus mempunyai keunggulan bersaing (competitive advantage) dibandingkan dengan kompetitornya. Keunggulan akan menjadi senjata untuk menaklukkan pasar dan kompetisi. Untuk membangun keunggulan bersaing, perusahaan bisa melakukan beberapa langkah:
1. Mencari sumber-sumber keunggulan, misalnya keterampilan yang prima, sumber daya yang berkualitas, dan lain-lain.
2. Mencari keunggulan posisi dibanding pesaing, dengan mengefisienkan biaya produksi dan memberikan nilai tambah kepada konsumen
3. Menghasilkan performa yang prima, dengan melihat kepuasan dan loyalitas pelanggan, pangsa pasar, dan juga kemampulabaan (profitabilty) dari produk ataupun jasa yang dihasilkan.

III.Analisis Industri

3.1 persepektif masa depan industri
Usaha ‘Bakso’ masih membuka satu cabang utama yaitu di Medan Brayan. Dan berniat membuka cabang barunya, apabila bakso yang ini mendapatkan keuntungan yang besar. Medan Brayan dipilih sebagai lokasi usaha karena Medan brayan  merupakan ‘salah satu tempat jajanan yang dekt dengan kampus’ sehingga diperkirakan banyak mahasiswa ingin untuk mencoba jajanan di Bakso Love Selfie, karena harganya terjangkau. Daerah yang dipilih sebagai tempat usaha yaitu memiliki kriteria dekat dengan anak sekolah, mahasiswa, dan masyarakat sekitar.

3.2. Bentuk-Bentuk Persaingan

Bentuk persaingan terbagi menjadi empat tingkatan:
1. Persaingan merek, adalah produk-produk atau jasa yang bersaing secara langsung menawarkan hal yang sama. Misalnya Bakso Granat dan Bakso Urat.
2. Persaingan industri, adalah persaingan dalam satu industri, tidak hanya satu produk saja. Misalnya Teh Botol Sosro industrinya tidak hanya industri teh dalam botol, tetapi semua industri minuman. Karena itu pesaingnya adalah juga KFC, Sate, dan lain-lain.
3. Persaingan bentuk, adalah persaingan dalam bentuk produk yang sama. Misalnya persaingan antara  Susu Kedelai dengan Susu Ultra, Yogurt, dan lain-lain.
4. Persaingan generik. Adalah persaingan umum pada semua industri, misalnya antara Bakso dengan Sari Roti, dan lain-lain.

Teknik Analisis Pesaing/ Segmentasi Pasar
Untuk menganilis industri dan persaingan, ada empat cara yang harus dilakukan:
1. Definisikan pasar sasaran (target market). Mendefinisikan pasar sasaran akan memudahkan perusahaan untuk mengetahui produk atau jasa mana saja yang membidik sasaran yang sama.
2. Identifikasi pesaing langsung. Pesaing langsung adalah perusahaan yang memberikan produk ataupun jasa yang relatif serupa dengan target market yang kurang lebih sama. Identifikasi pesaing langsung akan membantu untuk melihat peta persaingan, posisi perusahaan dibanding pesaing, dan apa yang harus dilakukan untuk memenangkan persaingan.
3. Ketahui kondisi persaingan. Peta persaingan bisa dilihat dengan menggunakan framework Porter Five Forces. Dari situ bisa dilihat daya tarik persaingannya apakah sudah ketat ataupun belum.
4. Penilaian keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif adalah kemampuan utama yang dimiliki oleh perusahaan yang diyakini sebagai modal untuk memenangkan persaingan.

3.3 Segmentasi Pasar
Target konsumen pada usaha ‘Warung Bakso’ yaitu anak sekolah, mahasiswa, dan masyarakat sekitar. Warung Bakso merupakan suatu tempat makan yang didesain bernuansa kafe akan tetapi sederhana sehingga diharapkan dengan diletakkan pada daerah dengan kriteria tersebut dapat menjangkau konsumen dengan kriteria tersebut.
            Anak sekolah dan mahasiswa dapat berkunjung pada hari biasa dan hari libur siang ataupun malam. Dengan lokasi yang berada di daerah dekat dengan kampus. maka diperkirakan malam hari tetap akan ramai oleh mahasiswa atau anak sekolah yang senang nongkrong.

IV.Deskripsi Usaha
Deskripsi adalah satu kaedah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti,  sedangkan usaha adalah suatu jenis barang yang akan di produksi.

4.1.Produk/Jasa Yang Dihasilkan
          Produk yang kami hasilkan ini berupa bakso yang terbuat dari tepung serta bahan-bahan lainnya yang telah kami olah dengan memenuhi prosedur yang ditetapkan bersama guna menjaga kualitas  yang bagus dan di segani konsumen, sehingga konsumen puas dengan produk bakso kami, karena konsumen sangat berpengaruh bagi perkembangan perusahaan kami, apabila kepuasan konsumen kurang maka itu akan berdampak negative bagi penghasilan dan perkembangan perusahaan kami.      

4.2.Ruang Lingkup Bisnis
          Ruang lingkup lingkup usaha bakso ini kami buat dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusah memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Perusahaan BAKSO LOVE SELFIE WOW!! kami terletak di deepan Kampus STMIK dan AMIK Logika Brayan. Lokasi tersebut sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah lancar.

4.3.Personalia Dan Perlengkapan Kantor
          Susunan kegiatan personalia bagi sebuah perusahaan wajib ada,namun dalam usaha bakso kami,susunan kegiatan personalia masih dalam bentuk sederhana yang masing-masing personalia memiliki kegiatan dan tanggung jawab yang berbeda dalam perusahaan ini.
Kami tidak memerlukan banyak peralatan kantor,kami hanya membutuhkan buku catatan daftar kalkulasi dana dan peralatan untuk pengolahan bakso itu sendiri.

4.4.Latar Belakang Identitas Pengusaha
          Bakso Love Selfie Wow!! Dikelola oleh 7 orang anggota yang masih melakukan study S1 Sistem Informasi di STMIK & AMIK Logika Brayan.
Berikut nama-nama pengelola Bakso Love Selfie Wow!!
1.      Safitri Aventika Hutahuruk ( Penanggung Jawab)
2.      Lia Novita Sari Junaidi ( Anggota )
3.      Nurhayati Laia ( Anggota )
4.      Rita Dameria Manalu ( Anggota )
5.      Santa Tania Christiani Bangun ( Anggota )
6.      Syafrizal Fahmi ( Anggota )
7.      Syerlin Gulo ( Angggota )

Lihat Selanjutnya

No comments:

Post a Comment