Bakso Love Selfie Wow
Disusun Oleh :
Kelompok 3
Kelas : 1-A
Sistem Informasi
Ketua : Santa Tania Christiani Bangun ( Npm :
201402026 )
Anggota : Lia Novita Sari Junaidi ( Npm : 201402148
)
Nurhayati
Laia ( Npm : 201402016 )
Rita
Dameria Manalu ( Npm : 201402032 )
Safitri
Aventika Hutauruk ( Npm : 201402072 )
Syafrizal
Fahmi ( Npm : 201402014 )
Syerlin
Gulo ( Npm : 201402060 )
Daftar Isi
2.4.Sumber Keunggulan Kompetitifnya…....………………………………………………...………9
3.2.Analisis Persaingan…………………....……………………………………………....……….10
5.Rencana
Produksi/Operasional…………………………………………………………..………12
5.1.Pemilihan Lokasi ( Plant
Location )………………………………………………………….12
5.2.Rencana Tata Letak Termasuk
Izin Bangunan……………………………………………….12
5.3.Proses
Produksi…………………………………………………………………………….12
5.4.Keadaan Gedung Dan
Perlengkapan……………………………………………….……….14
5.5. Keadaan Mesin Dan
Perlengkapannya…………………………………………..…………14
5.6.Sumber-Sumber Bahan
Baku……………………………………………………………….14
6.Rencana
Pemasaran………………………………………………………………….………….15
6.1.Target
Pasar………………………………………………………………….….…………15
6.2.Penetapan Harga………………………………………………………………..………….16
6.3.Pelaksanaan
Distribusi…………………………………………………………...…………16
6.4.Promosi Yang
Dilakukan……………………………………………………………………16
6.5.Penembangan
Produk………………………………………………………………………16
7.Perencanaan
Organisasi……………………………………………………………………….…17
7.1.Bentuk Kepemilikan Dan
Struktur Organisasi………………………………………….…….17
7.2.Informasi Tentang
Partner……………………………………………………………...……17
7.3.Latar Belakang Anggota Tim
Manajemen……………………………………………………18
7.4.Peran Dan Tanggung Jawab
Personalia Dalam Organisasi……………………………..…..…18
8.Resiko……………………………………………………………………………………...……19
8.1.Evaluasi Kelemahan
Bisnis…………………………………………………………….…….20
8.2.Gambaran
Teknologi…………………………………………………………………..……20
9.Perencanaan
Keuangan…………………………………………………………………………..21
9.1.Sumber Dana Atau
Modal……………………………………………………………..……21
9.2.Pembiayaan Atau Produksi,
Tenaga Kerja, Pemasaran, Promosi dan lain-lain………….…….21
BAB I
1.1 PENDAHULUAN
Asal mula Bakso Love Selfie Wow ini Berawal dari besarnya
penikmat makanan, khususnya Bakso. Maka terbentuklah ide untuk membuka usaha
bakso yang di bentuk oleh 7 orang usahawan. Ide untuk nama tokonya tersebut
berawal pula dari kegemaran masyarakat atau mahasiswa yang menggilai foto
selfie ( berfoto diri sendiri ). Dan khusu untuk Baksonya sendiri di buat dengan
cetakan love, sehingga membuat baksonya menjadi menarik. Sehingga terbentuklah
Bakso Love Selfie Wow. Yang terdiri akibat kecintaan masyarakat yang
memakannya.
Usaha bisnis yang di beri nama “Bakso Love Selfie Wow” direncanaka
bertempat di depan kampus STMIK & AMIK LOGIKA Medan jalan K.L Yos Sudarso Brayan Medan. Struktur
organisasinya terdiri dari pimpinan kemudian di bawahnya diikuti bagian-bagian
yang dibantu pekerja. Bagian-bagian itu antara lain ; bagian produksi, bagian
pengadaan bahan baku, bagian keuangan, dan bagian pemasaran.
Usaha
ini dipilih karena prospek pengolahan Bakso, sekarang ini cukup
menjanjikan serta mudah dalam pembuatanya. Hanya dengan teknologi dan peralatan
yang sederhana, serta tidak diperlukannya keterampilan khusus, siapapun dapat membuka
bisnis ini. Sasaran pasar bakso ini utamanya adalah mahasiswa STMIK & AMIK
LOGIKA dan Masyarakat sekitar Daerah Brayan dan Sekitarnya. Tempat penjualannya
didepan kampus, Adapun harga jual dari bakso ini adalah Rp. 8.000/porsi.
Promosi
akan dilakukan dengan membagi selembaran-selembaran (brosur) di pinggir jalan
dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu akan dilaukan dengan melalui
media internet.
Peluang
pasar untuk produk yang berbahan dasar tepung dan daging Sapid an Tuna ini
sangatlah besar melihat budaya masyarakat yang konsumtif dan peluang pasar yang
menjanjikan. Selain itu daya beli komsumen terhadap produk ini cukup bervariasi
dari konsumen elite hingga konsumen menegah bawah. Produk ini dapat dikonsumsi
oleh semua golongan karena harganya yang relatif terjangkau serta memiliki
nilai kepuasan yang tinggi.
Total
biaya usaha ini adalah Rp. 10.500.000 perbulan dan penerimaan per Tahun
Rp.117.600.000
sehingga
pendapatan pertahunnya adalah Rp.10.500.000*12=126.000.000-6.000.000=120.000.000-2.400.000=
117.600.000/12=9.800.000/7=16.800.000 ( pendapatan anggota/tahun
Maka
pendapatan masing-masing anggota perbulan adalah Rp.1.400.000/anggota. Dengan
R/Cratio sebesar 1,197 dapat dilihat bahwa bisnis yang dipilih layak untuk
dilakukan karena pelaku usaha dapat meraup keuntungan dari usaha yang dilakukan
(R/C ratio > 1).
1.1.
Latar
Belakang
Bakso merupakan makanan tradisional yang sedikitnya menganduk lemak. Bakso kebanyakan dikonsumsi setelah melalui proses memasak, dan Bakso memiliki manfaat bagi
kesehatan manusia, diantaranya membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
Adapun faktor penyebab Bakso kurang disukai
yaitu diantaranya
tata cara penyajian yang tidak bervariasi, Bakso tertentu yang
kurang disukai, bentuk penyajian yang kurang menarik, rasa Bakso yang tidak enak, dan lain-lain.
1.2 Tujuan dan Manfaat
Tujuan usaha ‘Bakso Love Selfie Wow yaitu :
- Mensosialisasikan hidup Sehat dengan makan makanan bergizi
- Menyajikan menu makanan baru yang enak
- Menyajikan menu Bakso dengan tata cara penyajian yang menarik, enak, dan sehat baik berupa makanan atau minuman
- Menarik minat bagi orang yang kurang menyukai makanan berat yang lain
Manfaat usaha ‘Warung Bakso Love Selfie Wow’ yaitu :
- Masyarakat hidup sehat dengan cara makan makanan bergizi
- Menu makanan baru yang sehat dan bergizi bagi pecinta bakso
- Memberikan menu alternatif untuk menikmati bakso dengan tata cara penyajian yang menarik, enak, dan sehat baik berupa makanan atau minuman
- Menu makanan baru yang sehat dan bergizi bagi semua orang
e.
Menarik
minat bagi orang yang kurang menyukai makanan berat lainya.
1.3.
Informasi Bisnis
Warung Bakso merupakan suatu
tempat makan yang didesain bernuansa kafe akan tetapi sederhana. Warung sehat
menjual minuman dan makanan ringan dan berat dengan bahan utama daring dan
tepung. Makanan dan minuman disajikan
dengan tata cara penyajian yang menarik. Tata cara penyajian diperhatikan mulai
dari tempat makan seperti piring, gelas, sendok, garpu, mangkuk, tempat makanan
yang dibawa pulang (plastic), pernak pernik penghias makanan.
Contoh Design Warung
Bakso Love Selfie Wow
Hal ini semuanya berguna
untuk mendukung penyajian makanan dan minuman agar menarik untuk dimakan
seperti susunan makanan, ataupun bentuk bakso yang dibentuk agar menarik. Namun
juga dengan tidak melupakan rasa dan kualitas makanan dan minuman yang
disediakan. Bakso yang disediakan adalah bakso natural yaitu bakso yang
dikembangkan dengan tidak menggunakan zat-zat kimiawi seperti formalin atau zat
kimiawi lainnya.
Makanan yang disediakan mulai
dari makanan ringan seperti kerupuk, kacang-kacangan sampai dengan makanan
berat, seperti mie ayam dan menu-menu lainnya. Minuman dan makanan penutup yang disediakan yaitu jus
buah, The botol dan lain-lain. Bahan-bahan yang digunakan dalam makanan dan
minuman yang dijual menggunakan bahan-bahan alami. Selain itu penggunaan gula
pada minuman terdiri gula biasa atau gula rendah kalori, begitu juga dengan
penggunaan sirup dapat dipilih yang rendah kalori atau bukan.
Aktivitas yang dilakukan
meliputi proses mencari sayuran dan daging serta bahan makanan dan minuman
lainnya, proses memasak, dan proses penyajian. bakso didapat dari pengolahan
tepung dan daging yang dibuat secara alami. Bahan yang digunakan sebagai hiasan
pada makanandan minuman dapat berupa
sayur atau buah yang dibentuk dengan bentuk menarik atau juga berupa
perlengkapan alat makan yang memiliki desain yang unik dan menarik.
1.4.Nama dan Alamat Perusahaan/Alamat Pemilik Perusahaan
Usaha
bisnis yang di beri nama “Bakso Love Selfie Wow” direncanaka bertempat di depan
kampus STMIK & AMIK LOGIKA Medan jalan K.L Yos Sudarso Brayan Medan. Struktur
organisasinya terdiri dari pimpinan kemudian di bawahnya diikuti bagian-bagian
yang dibantu pekerja. Bagian-bagian itu antara lain : bagian produksi, bagian
pengadaan bahan baku,
Bagian keuangan, dan bagian pemasaran.Usaha ini dipilih karena
prospek pengolahan Bakso, sekarang ini cukup menjanjikan serta mudah dalam
pembuatanya.
Nama dan Alamat
Perusahaan/Alamat Pemilik ( Pemilik Yang Bertanggung Jawab )
Nama
(Penanggung Jawab) : Safitri Aventika Hutauruk
Tempat,Tanggal
Lahir : Siranggit-git, 28
April 1997
Alamat :
Simalingkar A
Pendidikan : Sedang
menempuh S1 Program Study Sistem Informasi di STMIK&AMIK LOGIKA
Nama :
Lia Novita Sari
Tempat, Tanggal Lahir : Medan, 29 juli 1996
Alamat : Jl. Sei Mencirim
Pendidikan : Sedang menempuh S1 Program Study
Sistem Informasi di STMIK&AMIK LOGIKA
Nama : Nurhayati
Laia
Tempat, Tanggal Lahir : Nias, 30 Desember 1995
Alamat : Bayangkara
Pendidikan : Sedang Menempuh S1 Program Study
Sistem Informasi di STMIK&AMIK LOGIKA
Nama :
Rita Dameria Manalu
Tempat, Tanggal Lahir : Belawan, 09 April 1996
Alamat : Belawan
Pendidikan : Sedang Menempuh S1 Program Study
Sistem Informasi di STMIK&AMIK LOGIKA
Nama :
Santa Tania Christiani Bangun
Tempat, Tanggal Lahir : Medan, 28 Desember 1994
Alamat : Jln. Bawal 14 No.117 B Medan
Labuhan
Pendidikan : Sedang Menempuh S1 Program Study
Sistem Informasi di STMIK&AMIK LOGIKA
Nama :
Syafrizal Fahmi
Tempat, Tanggal Lahir :Pematang Johar, 18 Desember 1994
Alamat :Dusun 9, Jln.sukasetia
Pematang Johar
Pendidikan : Sedang Menempuh S1 Program Study
Sistem Informasi di STMIK&AMIK LOGIKA
Nama :
Syerlin Gulo
Tempat, Tanggal Lahir : Medan, 19 Oktober 1995
Alamat : Jl.kuali Medan
Pendidikan : Sedang Menempuh S1 Program Study
Sistem Informasi di STMIK&AMIK LOGI
II. VISI
DAN MISI
Visi dan Misi Usaha Bakso Love
Selfie Wow
VISI
Ø Bakso yang di buat dengan cita rasa
yang khas dan disukai semua kalangan.
Ø Dapat bersaing dengan bisnis yang
lain dan harga yang terjangkau.
Ø Pembuatan bakso diharapkan menjadi
pesaing dikalangan internasional.
Ø Menjadikan Bakso sebagai usaha
makanan cepat saji yang praktis,higienis,sehat dan bergizi dan terdepan di
Indonesia tepatnyadi medan.
MISI
Ø Peningkatan mutu produk Bakso Love Selfie Wow,Kontrol kualitas
(quality control) terhadap jenis produk dan peningkatan pelayanan kepada
pelanggan.
Ø Selalu melakukan inovasi terbaru
terhadap semua aspek Bakso Love Selfie Wow , baik dari variasi menu yang
disajikan, design produk sampai model pelayanan kepada pelanggan
KEUNGGULAN
Ø Memiliki
cita rasa yang khas
Ø Terbuat
dari bahan alami atau tidak menggandug bahan pengawet
Ø Harga yang
terjangkau
Ø Bentuk
yang unik
Ø Penyajian
yang higienis, dan
Ø Lokasi
yang strategis
2.1. Perusahaan yang bergerak dalam
bidang kuliner
Perusahaan yang bergerak dalam bidang kuliner ini
menyediakan bakso yang sehat dan bergizi bagi setiap orang yang memakannya,
selain itu pelayanan yang di berikan dengan sebaik mungkin dapat di sukai
setiap yang datang. Usaha ‘Bakso’
dimiliki oleh 7 orang sebagai pemilik usaha dan 1 orang sebagai penanggung
jawab usaha yang melakukan dan memantau proses penggolahan bakso.
Bentuk
badan usaha merupakan badan usaha milik kelompok dengan modal milik setiap
masing-masing anggota. Usaha ‘Bakso’ masih membuka satu cabang utama yaitu di Medan
Brayan. Medan Brayan dipilih sebagai lokasi usaha karena Medan brayan merupakan ‘salah satu tempat jajanan yang
dekt dengan kampus’ sehingga diperkirakan banyak mahasiswa ingin untuk mencoba
jajanan di Bakso Love Selfie, karena harganya terjangkau. Daerah yang dipilih
sebagai tempat usaha yaitu memiliki kriteria dekat dengan anak sekolah,
mahasiswa, dan masyarakat sekitar.
Warung Sehat merupakan suatu tempat makan yang didesain
bernuansa kafe akan tetapi sederhana sehingga diharapkan dengan diletakkan pada
daerah dengan kriteria tersebut dapat menjangkau konsumen dengan kriteria
tersebut. Anak sekolah dan mahasiswa dapat berkunjung pada hari biasa dan hari
libur siang ataupun malam. Dengan lokasi yang berada di daerah Brayan. maka
diperkirakan malam hari tetap akan ramai oleh mahasiswa atau anak sekolah yang
senang nongkrong.
Usaha Segmen pasar yang dipilih
dalam usaha ini adalah masyarakat menengah ke bawah dan masyarakat menengah atas. Karena fokus usaha ini
adalah pada pengelolaan daging
dan tepung in menjadi makanan dan minuman yang variatif dengan segmen pasar yang berbeda dari usaha
yang sudah ada sehingga tidak
kalah dengan pesaing lain.
2.2. Nilai Dan Prinsip
Perusahaan
Fokus, adalah nilai
untuk menggarap
strategi satu target market khusus. Strategi fokus biasanya
dilakukan untuk produk ataupun jasa yang memang mempunyai karakteristik khusus.
Beberapa produk misalnya hanya fokus ditargetkan untuk kaum muslim sehingga
semua produknya memberikan benefit dan fungsi yang disesuaikan dengan aturan
Islam. Produk yang fokus pada target market kaum muslim biasanya selalu
mensyaratkan label halal, tanpa riba, dan berbagai aturan lain yang disesuaikan
dengan ketentuan Islam.
Perusahaan biasanya memilih salah satu dari ketiga strategi ini yang akan diterapkan, karena bagaimanapun akan sulit menjalankan ketiga strategi ini secara bersamaan. Namun demikian, jika perusahaan memilih salah satu di antara tiga strategi ini, bukan berarti sama sekali meninggalkan yang lain, tetapi dua strategi lainnya biasanya diterapkan pada level yang paling standar.
Perusahaan biasanya memilih salah satu dari ketiga strategi ini yang akan diterapkan, karena bagaimanapun akan sulit menjalankan ketiga strategi ini secara bersamaan. Namun demikian, jika perusahaan memilih salah satu di antara tiga strategi ini, bukan berarti sama sekali meninggalkan yang lain, tetapi dua strategi lainnya biasanya diterapkan pada level yang paling standar.
2.3. Keunikan
Perusahaan
Bakso yang
dibuat dengan baik dan di buat dalam bentuk yang sangat unik juga memiliki cita
rasa yang khas Terbuat dari bahan alami atau tidak menggandug bahan
pengawet dapat di nikmati dengan Harga yang terjangkau, selain itu Bentuk yang
unik di harapkan dapat menarik pelanggan untuk datang membeli bakso love selfie
wow ini. Selain it penyajian yang higienis, sehingga makanan yang
dihidangkan dalam keadaan bersih dan sehat, dan juga Lokasi yang strategis
membuat masyarakat atau pun mahasiswa dapat cepat mengunjunginya karna
tempatnya yang tidak jauh dari pinggir jalan.
Selain itu, pada pelayanan yang baik
sangat penting untuk menarik pelanggan. Pemberian pelayanan di sini tidak hanya
sekedar pelayanan yang baik, tapi di dalamnya terkandung pesan-pesan tertentu
yang disampaikan pada konsumen. Dengan harapan produknya dapat dikenal oleh
konsumen luas, sehingga mudah dicari ketika dibutuhkan.
2.4. Sumber Keunggulan
Kompetitifnya
Untuk bisa
bertahan dalam persaingan, perusahaan harus mempunyai keunggulan bersaing
(competitive advantage) dibandingkan dengan kompetitornya. Keunggulan akan
menjadi senjata untuk menaklukkan pasar dan kompetisi. Untuk membangun
keunggulan bersaing, perusahaan bisa melakukan beberapa langkah:
1. Mencari sumber-sumber keunggulan, misalnya keterampilan yang prima, sumber daya yang berkualitas, dan lain-lain.
2. Mencari keunggulan posisi dibanding pesaing, dengan mengefisienkan biaya produksi dan memberikan nilai tambah kepada konsumen
3. Menghasilkan performa yang prima, dengan melihat kepuasan dan loyalitas pelanggan, pangsa pasar, dan juga kemampulabaan (profitabilty) dari produk ataupun jasa yang dihasilkan.
1. Mencari sumber-sumber keunggulan, misalnya keterampilan yang prima, sumber daya yang berkualitas, dan lain-lain.
2. Mencari keunggulan posisi dibanding pesaing, dengan mengefisienkan biaya produksi dan memberikan nilai tambah kepada konsumen
3. Menghasilkan performa yang prima, dengan melihat kepuasan dan loyalitas pelanggan, pangsa pasar, dan juga kemampulabaan (profitabilty) dari produk ataupun jasa yang dihasilkan.
III.Analisis
Industri
3.1
persepektif masa depan industri
Usaha ‘Bakso’
masih membuka satu cabang utama yaitu di Medan Brayan. Dan berniat membuka
cabang barunya, apabila bakso yang ini mendapatkan keuntungan yang besar. Medan
Brayan dipilih sebagai lokasi usaha karena Medan brayan merupakan ‘salah satu tempat jajanan yang
dekt dengan kampus’ sehingga diperkirakan banyak mahasiswa ingin untuk mencoba
jajanan di Bakso Love Selfie, karena harganya terjangkau. Daerah yang dipilih
sebagai tempat usaha yaitu memiliki kriteria dekat dengan anak sekolah,
mahasiswa, dan masyarakat sekitar.
3.2.
Bentuk-Bentuk Persaingan
Bentuk persaingan terbagi menjadi empat tingkatan:
1. Persaingan merek, adalah produk-produk atau jasa yang bersaing secara langsung menawarkan hal yang sama. Misalnya Bakso Granat dan Bakso Urat.
2. Persaingan industri, adalah persaingan dalam satu industri, tidak hanya satu produk saja. Misalnya Teh Botol Sosro industrinya tidak hanya industri teh dalam botol, tetapi semua industri minuman. Karena itu pesaingnya adalah juga KFC, Sate, dan lain-lain.
3. Persaingan bentuk, adalah persaingan dalam bentuk produk yang sama. Misalnya persaingan antara Susu Kedelai dengan Susu Ultra, Yogurt, dan lain-lain.
4. Persaingan generik. Adalah persaingan umum pada semua industri, misalnya antara Bakso dengan Sari Roti, dan lain-lain.
Teknik
Analisis Pesaing/ Segmentasi Pasar
Untuk menganilis industri dan persaingan, ada empat cara yang harus dilakukan:
1. Definisikan pasar sasaran (target market). Mendefinisikan pasar sasaran akan memudahkan perusahaan untuk mengetahui produk atau jasa mana saja yang membidik sasaran yang sama.
2. Identifikasi pesaing langsung. Pesaing langsung adalah perusahaan yang memberikan produk ataupun jasa yang relatif serupa dengan target market yang kurang lebih sama. Identifikasi pesaing langsung akan membantu untuk melihat peta persaingan, posisi perusahaan dibanding pesaing, dan apa yang harus dilakukan untuk memenangkan persaingan.
3. Ketahui kondisi persaingan. Peta persaingan bisa dilihat dengan menggunakan framework Porter Five Forces. Dari situ bisa dilihat daya tarik persaingannya apakah sudah ketat ataupun belum.
4. Penilaian keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif adalah kemampuan utama yang dimiliki oleh perusahaan yang diyakini sebagai modal untuk memenangkan persaingan.
Untuk menganilis industri dan persaingan, ada empat cara yang harus dilakukan:
1. Definisikan pasar sasaran (target market). Mendefinisikan pasar sasaran akan memudahkan perusahaan untuk mengetahui produk atau jasa mana saja yang membidik sasaran yang sama.
2. Identifikasi pesaing langsung. Pesaing langsung adalah perusahaan yang memberikan produk ataupun jasa yang relatif serupa dengan target market yang kurang lebih sama. Identifikasi pesaing langsung akan membantu untuk melihat peta persaingan, posisi perusahaan dibanding pesaing, dan apa yang harus dilakukan untuk memenangkan persaingan.
3. Ketahui kondisi persaingan. Peta persaingan bisa dilihat dengan menggunakan framework Porter Five Forces. Dari situ bisa dilihat daya tarik persaingannya apakah sudah ketat ataupun belum.
4. Penilaian keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif adalah kemampuan utama yang dimiliki oleh perusahaan yang diyakini sebagai modal untuk memenangkan persaingan.
3.3 Segmentasi Pasar
Target konsumen pada usaha
‘Warung Bakso’ yaitu anak sekolah, mahasiswa, dan masyarakat sekitar. Warung
Bakso merupakan suatu tempat makan yang didesain bernuansa kafe akan tetapi
sederhana sehingga diharapkan dengan diletakkan pada daerah dengan kriteria
tersebut dapat menjangkau konsumen dengan kriteria tersebut.
Anak sekolah dan mahasiswa dapat berkunjung pada hari
biasa dan hari libur siang ataupun malam. Dengan lokasi yang berada di daerah dekat
dengan kampus. maka diperkirakan malam hari tetap akan ramai oleh mahasiswa
atau anak sekolah yang senang nongkrong.
IV.Deskripsi
Usaha
Deskripsi adalah satu kaedah upaya pengolahan data
menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar
dapat dimengerti, sedangkan usaha adalah
suatu jenis barang yang akan di produksi.
4.1.Produk/Jasa Yang
Dihasilkan
Produk yang kami hasilkan ini
berupa bakso yang terbuat dari tepung serta bahan-bahan lainnya yang telah kami
olah dengan memenuhi prosedur yang ditetapkan bersama guna menjaga kualitas
yang bagus dan di segani konsumen, sehingga konsumen puas dengan produk
bakso kami, karena konsumen sangat berpengaruh bagi perkembangan perusahaan
kami, apabila kepuasan konsumen kurang maka itu akan berdampak negative bagi
penghasilan dan perkembangan perusahaan kami.
4.2.Ruang Lingkup
Bisnis
Ruang
lingkup lingkup usaha bakso ini kami buat dengan sebaik mungkin karena semua itu
bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami
berusah memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Perusahaan BAKSO LOVE SELFIE WOW!!
kami terletak di deepan Kampus STMIK dan AMIK Logika Brayan. Lokasi tersebut
sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut
tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi
perusahaan sudah lancar.
4.3.Personalia Dan
Perlengkapan Kantor
Susunan
kegiatan personalia bagi sebuah perusahaan wajib ada,namun dalam usaha bakso
kami,susunan kegiatan personalia masih dalam bentuk sederhana yang
masing-masing personalia memiliki kegiatan dan tanggung jawab yang berbeda
dalam perusahaan ini.
Kami tidak memerlukan banyak
peralatan kantor,kami hanya membutuhkan buku catatan daftar kalkulasi dana dan
peralatan untuk pengolahan bakso itu sendiri.
4.4.Latar Belakang
Identitas Pengusaha
Bakso Love Selfie Wow!!
Dikelola oleh 7 orang anggota yang masih melakukan study S1 Sistem Informasi di
STMIK & AMIK Logika Brayan.
Berikut
nama-nama pengelola Bakso Love Selfie Wow!!
1. Safitri
Aventika Hutahuruk ( Penanggung Jawab)
2. Lia
Novita Sari Junaidi ( Anggota )
3. Nurhayati
Laia ( Anggota )
4. Rita
Dameria Manalu ( Anggota )
5. Santa
Tania Christiani Bangun ( Anggota )
6. Syafrizal
Fahmi ( Anggota )
No comments:
Post a Comment