Pengertian rencana produksi adalah detail-detail mengenai bagaimana
produk akan dibuat.
5.1.Pemilihan Lokasi
Pemilihan lokasi/distribusi berlokasi di Jln. K.L. Yos Sudarso Brayan Medan.
Adapun sasaran pasar poduk bakso ini adalah mahasiswa di kampus STMIK &
AMIK LOGIKA MEDAN dan Masyarakat sekitar Brayan dan Sekitarnya . Tempat
penjualannya yang di depan kampus, bisa langsung di coba oleh mahasiswa
tersebut.
Usaha ‘Bakso’ masih membuka
satu cabang utama yaitu di Medan Brayan. Medan Brayan dipilih sebagai lokasi
usaha karena Medan brayan merupakan
‘salah satu tempat jajanan yang dekt dengan kampus’ sehingga diperkirakan
banyak mahasiswa ingin untuk mencoba jajanan di Bakso Love Selfie, karena
harganya terjangkau. Daerah yang dipilih sebagai tempat usaha yaitu memiliki
kriteria dekat dengan anak sekolah, mahasiswa, dan masyarakat sekitar.
5.2.Rencana Tata Letak Termasuk Izin Bangunan
Keadaan Gedung dan Perlengkapannya
Mengenai gedung yang di gunakan
untuk perusahaan kami ini terdapat di suatu wilayah tidak jauh dari tempat
tinggal penduduk setempat dan jalan raya yang tata letak dan gedungnya
memadai, kami berencana untuk menjalankan usaha bakso kami di depan gedung kampus
Logika yang terletak di Jl.Yos Sudarso Brayan.
5.3.Proses Produksi
Proses
produksi cukup sederhana yaitu hanya berupa peralatan
memasak biasa.
Proses
Produksi
- Bahan membuat bakso :
- 1 kg daging sapi giling
- ½ kg ikan tuna
- 1 ons tepung kanji
- 6 siung bawang putih
- 1 sdm garam
- ½ sdt merica bubuk
- penyedap rasa secukupnya
2. Cara Membuat Bakso :
- Haluskan bawang putih, dengan cara digiling atau diblender.
- Campur bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam adonan daging sapi giling/daging ikan tuna giling, kemudian masukkan merica, garam, penyedap rasa, sekaligus tepung kanji.
- Aduk dan uleni adonan tersebut hingga merata kurang lebih 10 menit
- Setelah adonan tercampur rata selanjutnya bentuklah dengan menggunakan tangan sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan, usahakan agar ukurannya tidak terlalu besar supaya bisa matang secara lebih merata dan cepat.
- Masukkan bakso yang telah dibuat ke dalam air panas, kemudian rebuslah ke dalam air yang mendidih hingga matang. Tanda bakso yang telah matang adalah mengapung di permukaan air yang mendidih. Proses perebusan biasanya memakan waktu 10-15 menit.
- Angkat bakso yang telah matang dan tiriskan dalam suhu ruangan.
Bahan membuat
kuah bakso
- Tulang sapi
- Air
- Lemak sapi
Bumbu kuah bakso
- Bawang putih 5 siung, goreng dan haluskan
- Bawang merah 4 siung, goreng dan haluskan
- Bawang goreng 1/2 sdm, haluskan
- gula 2 sdt
- garam 1 sdm
- lada 1/2 sdt
- daun bawang 4 batang, ambil bagian putihnya, iris halus
- kaldu sapi instan, 2 sdt
5.4.Keadaan Gedung Dan Perlengkapan
Sebelum membuka usaha bakso ini,
maka di pilihlah bagunan gedung yang bagus dan dapat di jangkau semua orang.
Setelah itu dibentuklah warung yang sederhana tetapi menarik. Dengan
Perlengkapan-perlengkapannya. Seperti : Meja, Kursi , Steling dan pralatan lain
yang di susun rapi di dalam warung tersebut.
5.5Keadaan
Mesin Dan Perlengkapan
Peralatan Utama yang
digunakan, yaitu :
- 2 unit kompor gas
- 1 unit lemari pendingin
- 50 set peralatan makan terdiri dari piring, gelas, sendok, dan garpu
- 15set meja dan kursi (15 meja dan 60 kursi)
5.6.Sumber-Sumber Bahan Baku
Bahan baku ‘Bakso Love Selfie Wow’ adalah
Daging, Tepung, dan Bumbu-bumbu Penyedap lainnya. Bahan-bahan yang disediakan
adalah Bahan-bahan natural yaitu daging sapi dan tuna yang dibuat dengan tidak
menggunakan zat-zat kimiawi seperti boraks dan formalin. bakso dibuat dengan
menggunakan bahan alami juga memperhatikan pengelolaan bakso agar cita rasanya
tetap memiliki rasa yang khas.
Bahan-bahan yang didapat dari
pasar yang menjual daging sapi dan daging tuna pilihan. Penjual seperti
inidapat di jumpai di pasar yang menjual daging , dan ikanikan segar lainnya..
Sehubungan tempat penjualan adalah di Medan, sehingga tempat penghasil bahan
utama tidak begitu jauh dari tempat penjualan. Sedangkan bahan pendukung yaitu
bahan-bahan pokok seperti gula, sayur, garam, es, dan lain-lain didapat dari
pedagang lokal.
Kontinuitas suplai dijaga
dengan menjalin kerja sama dengan penjual daging . Hal ini dikarenakan adanya
ketergantungan suplai daging yang
dibutuhkan. Oleh karena itu, dengan adanya kerja sama diharapkan penjual dapat
dengan rutin mensuplai bahan utama yaitu daging sapi dan tuna pada ‘Warung
Bakso Love Selfie Wow’.
Penjual mensuplai ‘Bakso Love
Selfie Wow’ daging yang berkualitas secara berkelanjutan dan ‘Warung Bakso Love
Selfie Wow’ akan memesan bahan baku utama hanya melalui penjual-penjual yang
menjalin kerja sama. Jika penjual tersebut berhalangan dalam penyediaan bahan
baku, maka ‘Warung Bakso Love Selfie
Wow’ berhak untuk membeli dari sumber lain.
VI.Rencana Pemasaran
Pemasaran akan
dilakukan dengan membagi selembaran-selembaran (brosur) di pinggir jalan dan
tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu akan dilaukan dengan melalui media
internet.
Peluang pasar untuk produk yang berbahan dasar tepung dan
daging sapi dan tuna ini sangatlah besar melihat budaya masyarakat yang
konsumtif dan peluang pasar yang menjanjikan. Selain itu daya beli komsumen
terhadap produk ini cukup bervariasi dari konsumen elite hingga konsumen
menegah bawah. Produk ini dapat dikonsumsi oleh semua golongan karena harganya
yang relatif terjangkau serta memiliki nilai kepuasan yang tinggi.
1. Product (produk)
Produk yang direncanakan untuk
diproduksi adalah bakso. bakso yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan
disajikan dalam warung bakso. Pada warung bakso setiap orang yang datang untuk
makan bakso ini akan di sarankan untuk melakukan foto bersama bakso yang
telah dihidangkan dimeja
pembeli.
2. Place (lokasi/distribusi)
Usaha ini berlokasi di Jln.
K.L. Yos Sudarso Brayan Medan. Adapun sasaran pasar poduk bakso ini adalah
mahasiswa di kampus STMIK & AMIK LOGIKA MEDAN dan Masyarakat sekitar Brayan
dan Sekitarnya . Tempat penjualannya yang di depan kampus, bisa langsung di
coba oleh mahasiswa tersebut.
3. Price (harga)
Penentuan harga jual dilakukan
dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya lain-lain dan tren yang
berlaku. Jika produk yang menjadi idola (tren) harganya pun bisa dinaikan dari
standar harga normal (misal pada saat cuaca panas atau ketika bulan puasa besar
kemungkinan produk ini akan dibanjiri konsumen).
Adapun rencana harga jual dari
produk bakso ini adalah Rp. 8000/porsi.
4. Promotion (promosi)
Promosi akan dilakukan untuk
mengenalkan produk ini kepada konsumen. Promosi akan dilakukan dengan membagi
selebaran-selebaran (brosur) di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis
lainnya. Selain itu akan dilakukan dengan melalui media internet. Untuk promosi
melalui internet akan dipromosikan lewat facebook dan situs-situs e-business
lainnya seperti: bakso_loveselfie.com dll. serta melalui blog pemilik usaha
yaitu ;
baksoloveagribisnis.wordpress.com .
6.1.Target Pasar
Target pasar pada usaha ‘Warung Bakso Love
Selfie Wow’ yaitu anak sekolah, mahasiswa, dan masyarakat sekitar. Warung Bakso
Love Selfie Wow’ merupakan suatu tempat makan yang didesain bernuansa kafe akan
tetapi sederhana sehingga diharapkan dengan diletakkan pada daerah dengan
kriteria tersebut dapat menjangkau konsumen dengan kriteria tersebut.
Anak sekolah dan mahasiswa
dapat berkunjung pada hari biasa dan hari libur siang ataupun malam. Dengan
lokasi yang berada di daerah Medan Brayan maka diperkirakan malam hari tetap
akan ramai oleh mahasiswa atau anak sekolah yang senang nongkrong. Sedangkan
masyarakat sekitar dapat berkunjung ke warung bakso setiap hari.
6.2.Penetapan
Harga
Secara garis besar produk ‘Warung Bakso Love Selfie Wow’ terbagi
menjadi tiga, yaitu :
a.
Bakso
memiliki harga berkisar Rp 8.000 - Rp 9.000
b.
Mie
Goreng memiliki harga berkisar Rp 8.000- Rp 10.000
c.
Minuman
memiliki harga berkisar Rp 3.000 - Rp 8.000
6.3.Pelaksanaan
Distribusi
Pelaksanaa Distribusi
adalah suatu proses penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen dan
para pemakai, sewaktu dan dimana barang atau jasa tersebut diperlukan., akan
tetapi pada perusahaan kami, kami tidak menetapkan pelaksanaan distribusi.
6.4.
Promosi Yang Di Lakukan
Promosi
akan dilakukan untuk mengenalkan produk ini kepada konsumen. Promosi akan
dilakukan dengan membagi selebaran-selebaran (brosur) di pinggir jalan dan
tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu akan dilakukan dengan melalui media
internet. Untuk promosi melalui internet akan dipromosikan lewat facebook dan
situs-situs e-business lainnya seperti: bakso_loveselfie.com dll. serta
melalui blog pemilik usaha yaitu ;
baksoloveagribisnis.wordpress.com .
6.5.Pengembangan Produk
Produk adalah
segala sesuatu yang ditawarkan kepada suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau
kebutuhan . Segala sesuatu yang termasuk ke dalamnya adalah barang berwujud,
jasa, events, tempat, organisasi, ide atau pun kombinasi antara hal-hal yang
baru saja disebutkan.
VII.Perencanaan Organisasi
Perencanaan adalah
proses menentukan bagaimana organisasi dapat mencapai tujuannya, dimana
ditujukan pada tindakan yang tepat melalui melalui proses analisa, evaluasi,
seleksi diantara kesempatan-kesempatan yang diprediksi terlebih dahulu.
Pengorganisasian
adalah suatu proses pembentukan kegunaan yang teratur untuk semua sumber daya
dalam sistem manjemen.
7.1.Bentuk
Kepemilikan Dan Struktur Organisasi
Bentuk kepemilikan bisnis bakso yang
kami buat yaitu berbentuk CV karena didirikan oleh lebih dari dua orang yaitu
berjumlah 7 orang.
Struktur
Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi
yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan
operasional untuk mencapai tujuan. Struktur Organisasi menggambarkan dengan
jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan
bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi
yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa melapor kepada siapa.
B. 4 Elemen Struktur Organisasi
Empat elemen dalam struktur
organisasi yaitu :
1. Adanya spesialisasi kegiatan kerja
2. Adanya standardisasi kegiatan kerja
3. Adanya koordinasi kegiatan kerja
4. Besaran seluruh organisasi.
1. Adanya spesialisasi kegiatan kerja
2. Adanya standardisasi kegiatan kerja
3. Adanya koordinasi kegiatan kerja
4. Besaran seluruh organisasi.
Struktur
organisasi merupakan alat untuk membantu manajemen dalam mencapai tujuannya.
Struktur organisasi dapat memiliki pengaruh yang besar pada anggotanya.
Pengaruh struktur organisasi terhadap kepuasan dan kinerja karyawan mengarah
pada suatu kesimpulan yang sangat jelas. Struktur organisasi menjelaskan
bagaimana tugas kerja akan dibagi, dikelompokkan dan dikoordinasikan secara
formal.
Struktur
organisasi menunjukkan kerangka dan susunan perwujudan pola tetap hubungan.
Hubungan diantara fungsi-fungsi, bagian-bagian ataupun posisi maupun
orang-orang yang menunjukkan kedudukan tugas, wewenang dan tanggung jawab yang
berbeda-beda dalam suatu organisasi Kerangka kerja organisasi disebut sebagai
desain organisasi (organizational design). Bentuk spesifik dari kerangka kerja
organisasi dinamakan dengan struktur organisasi (organizational structure).
7.2.Informasi
Tentang Partner
Partner
kerja dalam usaha “Bakso Love Selfie Wow” berjumlah 7 orang, dimana status
setiap partner adalah Mahasiswa/i STMIK & AMIK LOGIKA MEDAN, yaitu:
1.
Safitri Aventika Hutauruk (
Penanggung jawab )
2.
Lia Novita Sari Junaidi ( Anggota )
3.
Nurhayati Laia ( Anggota )
4.
Rita Dameria Manalu ( Anggota )
5.
Santa Tania Christiani Bangun (
Anggota )
6.
Syafrizal Fahmi ( Anggota )
7.
Syerlin Gulo ( Anggota )
73.Latar
Belakang Anggota Tim Manajemen
Tenaga
kerja adalah suatu komponen pada unit usaha tertentu yang merupakan penggerak
dari seluruh unit kegiatan karyawan di usaha kami datang dari latar belakang
pendidikan yang berbeda-beda, kebanyakan dari karyawan kami tidak memiliki
lulusan pendidikan, hanya yang memiliki lulusan paling tinggi SMA/SMK.
Disiplin, tanggung jawab dan kerja sama sangat dianjurkan pada semua karyawan
demi terciptanya etos kerja yang tinggi.
7.4.Peran
Dan Tanggung Jawab Personalia Organisasi
Masing-masing
personalia memiliki tanggungjawab sendiri, yaitu sebagai berikut:
1. Penanggung Jawab berperan dalam
memimpin dan memenej para karyawan dalam perusahaan untuk memajukan usaha.manager juga
bertanggung jawab atas maju mundurnya perusahaan.
2. Karyawan bertugas melaksanakan
perintah pimpinan atau atasan sekaligus memberi masukan tentang bagaimana
cara yang lebih baik untuk memajukan perusahaan.
VIII.RESIKO
1.Strengths
(Kekuatan)
a)
Proses pembuatannya mudah dan sederhana
b)
Kualitas rasa dan tekstur produk yang khas (beda dengan yang lain).
c)
Harga jual murah meriah
d)
Tempat penjualan dan konsumen telah tersedia
e)
Memanfaatkan e-Business untuk mempromosikan produk
melalui internet.
f)
Tempat produksi ada di wilayah perumahan/ruko yang rata-rata dekat kampus mahasiswa
g)
Pelayan yang se Terbaik mungkin
h)
Kualitas produk terjamin
2.Weaknesses
(Kelemahan)
a)
Harga bahan baku (Bakso) yang relatif tidak menentu (stabil).
b)
Manajemen perusahaan masih sederhana
c)
Jika tidak tepat prosesnya bakso tidak lembut ( keras )
d)
Kurang cukup modal mengingat kita sebagai mahasiswa
e)
Proses produksi bentrok dengan jadwal kuliah
3.Opportunities
(Peluang )
a)
Pertumbuhan pasar dimungkinkan meningkat
b)
Peluang pasar untuk mendapatkan konsumen yang menjanjikan
c)
Belum ada pesaing khususnya untuk pemasaran di kampus
d)
Keterbukaan untuk menggunakan teknologi baru ke depannya untuk membuat kemajuan
besar dibidang produksi khususnya.
e)
Cuaca medan yang panas membuat orang ingin mengkonsumsi makanan yang enak.
4.
Threats (Ancaman)
a)
Selera konsumen yang selalu berubah – ubah mempunyai pengaruh yang besar
terhadap pembelian produk
b)
bakso tidak bisa disimpan lama dan akan merugikan jika tidak laku dalam sehari
c)
Munculnya pesaing baru
d)
Banyaknya variasi makanan.
8.1.Evaluasi
Kelemahan Bisnis
Weaknesses
(Kelemahan)
a)
Harga bahan baku (Bakso) yang relatif tidak menentu (stabil).
b)
Manajemen perusahaan masih sederhana
c)
Jika tidak tepat prosesnya bakso tidak lembut ( keras )
d)
Kurang cukup modal mengingat kita sebagai mahasiswa
e)
Proses produksi bentrok dengan jadwal kuliah
8.2.Gambaran
Teknologi
Teknologi yang
digunakan cukup sederhana yaitu hanya berupa peralatan memasak biasa. Selain
itu penggunaan Internet juga sangat penting untuk Pemasaran.
IX.Perencanaan
Keuangan
Fungsi
perencanaan keuangan pribadi atau keluarga adalah mengelola keuangan untuk masa
depan sedini mungkin dalam mencapai tujuan keuangan , dilakukan secara
terencana, teratur dan bijaksana (bisa jadi membutuhkan perencana keuangan.
Direncanakan, yang berarti kita dapat mengantisipasi yang akan terjadi di masa yang
akan datang . Teratur , yang berarti bahwa kita memiliki cara atau strategi
keuangan dengan mempertimbangkan yang prioritas ataukah yang kurang prioritas
lebih jelas . Dan mengelola uang dengan bijaksana dapat berarti secara masuk
akal atau sesuai nalar , tidak emosional .
Tugas utama
dari Perencana Keuangan adalah untuk membantu individu atau keluarga untuk
mengembangkan rencana keuangan untuk mencapai tujuan keuangan yang telah atau
ditetapkan . Pada hal ini perencanaan keuangan adalah lebih berkaitan dengan
keuangan pribadi daripada keuangan perusahaan. Sebagai bahan kekayaaan
pengetahuan kita, silahkan bisa menuju ke situs wikepedia untuk mengetahui
lebih lanjut tentang profesi perencana keuangan.
Rencana keuangan berisi daftar
tujuan keuangan disertai dengan saran tentang cara bagaimana untuk mencapai hal
itu , dan tentu saja disesuaikan dengan keadaan seseorang atau keluarga
bersangkutan .
9.1.Sumber Dana/Modal
Sejalan
dengan perkembangan teknologi dan makin jauhnya spesialisasi dalam perusahaan
serta makin banyaknya perusahaan-perusahaan yang menjadi besar, maka modal
mempunyai arti yang lebih menonjol lagi. Masalah modal dalam perusahaan
merupakan masalah yang tidak akan pernah berakhir karena bahwa masalah modal
itu mengandung begitu banyak dan berbagai macam aspek. Hingga saat ini di
antara para ahli ekonomi juga belum terdapat kesamaan opini tentang apa yang
disebut modal.
9.2.Pembiayaan Atau Produksi, Tenaga Kerja,Pemasaran,
Promosi dan lain-lain
Pembiyaan merupakan salah satu tugas
pokok bank, yaitu pemberian fasilitas penyediaan dana untuk memenuhi kebutuhan
pihak-pihak yang merupakan defisit unit.
Menurut sifat penggunaanya, pembiyaan dapat dibagi menjadi dua hal berikut.
1.
Pembiayaan produktif, yaitu
pembiayaan yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan produksi dalam arti luas,
yaitu untuk peningkat usaha, baik usaha produksi, perdagangan, maupun
investasi.
2.
Pembiayaan konsumtif, yaitu
penbiayaan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi, yang akan habis
digunakan untuk memenuhi kebutuhan.
Menurut
keperluannya, pembiayaan produktif dapat digunakan menjadi dua hal berikut.
3. Pembiayaan modal kerja, yaitu pembiayaan untuk memenuhi
kebutuhan: (a) peningkatan produksi, baik secara kuantitatif, yaitu jumlah
produksi. Maupun secara kualitatif, yaitu peningkatan kualitas mutu hasil
produksi. Dan (b) untuk keperluan perdagangan atau peningkatan utility of place dari suatu barang.
4. Pembiayaan investasi, yaitu untuk memenuhi
kebutuhan barang-barang modal (capitagoods)
The Greek alphabet
No
|
Uraian
|
Jumlah
|
Unit
|
Harga Per-Unit
|
Jumlah Harga
|
1
|
|||||
1
|
2
|
||||
2
|
2
|
||||
3
|
1
|
||||
4
|
1
|
||||
5
|
2
|
9.3.Prediksi
Laba Atau Keuntugan Per Bulan dan Per Tahun
1)
Analisa Biaya Usaha
a.
Biaya tetap
No
|
Uraian
|
Jumlah (unit)
|
Harga/buah
& lusin (Rp)
|
Jumlah
harga (Rp)
|
Masa
pakai (bln)
|
Penyusutan
(Th)
|
Penyusutan
(Bln)
|
1
|
Rumah
produksi
|
1
|
10.000.000
|
10.000.000
|
12
|
10.000.000
|
833.333
|
2
|
Kursi
|
20
|
50.000
|
1.000.000
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Meja+meja
kasir
|
5+1
|
100.000+120.000
|
500.000+120.000
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Pisau
|
3
|
5.000
|
25.000
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Mangkuk +
Gelas(gelas plastik & gelas kaca 1 lusin)
|
2+2
lusin
|
50.000/lusin
+ 10.000/lusin + 10.000 (gelas kaca/6buah)
|
100.000 +
10.000 + 20.000
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Tapak / piring
kecil
|
1 lusin
|
25.000
|
25.000
|
-
|
-
|
-
|
7
|
Kompor
gas
|
1
|
150.000
|
150.000
|
-
|
-
|
-
|
8
|
Panci 2
+ Kuali
|
2+1
|
45.000/buah
+ 50.000
|
90.000+50.000
|
-
|
-
|
-
|
Total
|
12.090.000
|
12.090.000
|
-
|
10.000.000
|
833.333
|
b.
Biaya variabel
No
|
Uraian
|
Jumlah(unit)
|
Harga(
Rp)
|
Jumlah
harga (Rp)
|
1
|
Bahan
baku
|
|||
Daging
Sapi & Ikan Tuna
|
6 kg+1/2
kg
|
90.000+20.000
|
540.000+20.000
|
|
Bawang
|
1 kg
|
30.000
|
30.000
|
|
Tepung
|
2
bungkus
|
2000
|
4.000
|
|
Penyedap
|
2 kaleng
|
15.000
|
30.000
|
|
2
|
Bahan
pendukung
|
|||
Gas LPG
|
1 tabung
|
120.000
|
120.000
|
|
Plastik
ukuran ½ kg
|
1 bungkus
|
5.000
|
5.000
|
|
Tisyu
|
1 bungkus
|
15.000
|
15.000
|
|
Spanduk
|
1
|
100.000
|
100.000
|
|
3
|
Tenaga
kerja
|
|||
Karyawan
+ tukang masak
|
2 orang
+ 1 orang
|
600.000
+ 800.000
|
1.200.000
+ 800.000
|
|
Administrasi
keuangan
|
1 orang
|
-
|
-
|
|
Pengadaan
bahan
|
1 orang
|
625.000
|
625.000
|
|
Biaya
variabel perbulan adalah Rp (624.000 x 30 ) + (240.000 x 4 ) + (2.725.000)
=
Rp. 18.720.000 + Rp. 960.000 + Rp. 2.275.000
=
Rp. 21.955.000
c.
Biaya lain – lain (perbulan)
No
|
Uraian
|
Volume
|
Harga
per unit
|
Jumlah
harga
|
|
Jumlah
|
Unit
|
||||
1
|
Transportasi
|
2
|
3 hari
|
10.000
|
30.000
|
2
|
Promosi
|
2
|
3 hari
|
50.000
|
150.000
|
3
|
Listrik
|
1
|
Bln
|
150.000
|
150.000
|
Total
|
330.000
|
Jumlah
biaya usaha
No
|
Jenis
biaya
|
Jumlah
biaya (Rp/bln)
|
1
|
Biaya
tetap
|
12.090.000
|
2
|
Biaya variable
|
21.955.000
|
3
|
Lain –
lain
|
330.000
|
Total
|
34.375.000
|
Harga jual :
Rp. 10.000 (bakso)
Rp. 10.000 (mie goring)
Rp. 6.000 (juice)
Rp. 3.000 (teh manis panas & dingin)
2).
Penerimaan dan Laba
No
|
Pendapatan
|
Penerimaan
per hari (Rp)
|
Penerimaan
per bulan (Rp)
|
Penerimaan
per tahun (Rp)
|
1.
|
10.000 x
200 org
|
2.000.000
|
60.000.000
|
720.000.000
|
2.
|
10.000 x
50 org
|
500.000
|
15.000.000
|
180.000.000
|
3.
|
6.000 x
20 org
|
120.000
|
3.600.000
|
43.200.000
|
4.
|
3.000 x
50 org
|
150.000
|
4.500.000
|
54.000.000
|
Total
|
2.770.000
|
83.100.000
|
997.200.000
|
Laba
per bulan =
Pendapatan – Beban
=
Rp.83.100.000 – Rp.34.375.000
=
Rp.48.725.000
Pendapatan
Masing-masing Anggota = Rp.48.725.000 / 7
org
=
Rp.6.960.714
X. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penghitungan penjualan dan biaya yang dikeluarkan,
usaha ‘Warung Bakso Love Selfie Wow’ layak untuk didirikan. Adapun beberapa hal
yang harus diperhatikan yaitu :
- Perlunya penangan biaya operasional sekecil mungkin, terutama yang berkaitan dengan biaya pembuatan makanan dan minuman
- Peninjauan lokasi yang sesuai dengan target
- Penanganan biaya asset sekecil mungkin
- Peningkatan kualitas dari produk yang dihasilkan
No comments:
Post a Comment