Semua Tentang Pengetahuan dan Pelajaran: Makalah Pengetahuan Bisnis | Cara Merancang Usaha (lanjutan)

Saturday, April 4, 2015

Makalah Pengetahuan Bisnis | Cara Merancang Usaha (lanjutan)


V.Rencana Produksi
Pengertian rencana produksi adalah detail-detail mengenai bagaimana produk akan dibuat.
5.1.Pemilihan Lokasi
Pemilihan lokasi/distribusi berlokasi di  Jln. K.L. Yos Sudarso Brayan Medan. Adapun sasaran pasar poduk bakso ini adalah mahasiswa di kampus STMIK & AMIK LOGIKA MEDAN dan Masyarakat sekitar Brayan dan Sekitarnya . Tempat penjualannya yang di depan kampus, bisa langsung di coba oleh mahasiswa tersebut.

Usaha ‘Bakso’ masih membuka satu cabang utama yaitu di Medan Brayan. Medan Brayan dipilih sebagai lokasi usaha karena Medan brayan  merupakan ‘salah satu tempat jajanan yang dekt dengan kampus’ sehingga diperkirakan banyak mahasiswa ingin untuk mencoba jajanan di Bakso Love Selfie, karena harganya terjangkau. Daerah yang dipilih sebagai tempat usaha yaitu memiliki kriteria dekat dengan anak sekolah, mahasiswa, dan masyarakat sekitar.
5.2.Rencana Tata Letak Termasuk Izin Bangunan
          Keadaan Gedung dan Perlengkapannya
Mengenai gedung yang di gunakan untuk perusahaan kami ini terdapat di suatu wilayah tidak jauh dari tempat tinggal penduduk setempat dan jalan raya yang tata letak dan gedungnya memadai, kami berencana untuk menjalankan usaha bakso kami di depan gedung kampus Logika yang terletak di Jl.Yos Sudarso Brayan.
5.3.Proses Produksi
          Proses produksi cukup sederhana yaitu hanya berupa peralatan memasak biasa.
Proses Produksi
  1. Bahan membuat bakso :
  • 1 kg daging sapi giling
  • ½ kg ikan tuna
  • 1 ons tepung kanji
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdm garam
  • ½ sdt merica bubuk
  • penyedap rasa secukupnya
2.      Cara Membuat Bakso :
  1. Haluskan bawang putih, dengan cara digiling atau diblender.
  2. Campur bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam adonan daging sapi giling/daging ikan tuna giling, kemudian masukkan merica, garam, penyedap rasa, sekaligus tepung kanji.
  3. Aduk dan uleni adonan tersebut hingga merata kurang lebih 10 menit
  4. Setelah adonan tercampur rata selanjutnya bentuklah  dengan menggunakan tangan sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan, usahakan agar ukurannya tidak terlalu besar supaya bisa matang secara lebih merata dan cepat.
  5. Masukkan  bakso yang telah dibuat ke dalam air panas, kemudian rebuslah ke dalam air yang mendidih hingga matang. Tanda bakso yang telah matang adalah mengapung di permukaan air yang mendidih. Proses perebusan biasanya memakan waktu 10-15 menit.
  6. Angkat bakso yang telah matang dan tiriskan dalam suhu ruangan.

Bahan membuat kuah bakso
  • Tulang sapi
  • Air
  • Lemak sapi
Bumbu kuah bakso
  • Bawang putih 5 siung, goreng dan haluskan
  • Bawang merah 4 siung, goreng dan haluskan
  • Bawang goreng 1/2 sdm, haluskan
  • gula 2 sdt
  • garam 1 sdm
  • lada 1/2 sdt
  • daun bawang 4 batang, ambil bagian putihnya, iris halus
  • kaldu sapi instan, 2 sdt


5.4.Keadaan Gedung Dan Perlengkapan
Sebelum membuka usaha bakso ini, maka di pilihlah bagunan gedung yang bagus dan dapat di jangkau semua orang. Setelah itu dibentuklah warung yang sederhana tetapi menarik. Dengan Perlengkapan-perlengkapannya. Seperti : Meja, Kursi , Steling dan pralatan lain yang di susun rapi di dalam warung tersebut.
                        5.5Keadaan Mesin Dan Perlengkapan
Peralatan Utama yang digunakan, yaitu :
  1. 2 unit kompor gas
  2. 1 unit lemari pendingin
  3. 50 set peralatan makan terdiri dari piring, gelas, sendok, dan garpu
  4. 15set meja dan kursi (15 meja dan  60 kursi)
5.6.Sumber-Sumber Bahan Baku
            Bahan baku ‘Bakso Love Selfie Wow’ adalah Daging, Tepung, dan Bumbu-bumbu Penyedap lainnya. Bahan-bahan yang disediakan adalah Bahan-bahan natural yaitu daging sapi dan tuna yang dibuat dengan tidak menggunakan zat-zat kimiawi seperti boraks dan formalin. bakso dibuat dengan menggunakan bahan alami juga memperhatikan pengelolaan bakso agar cita rasanya tetap memiliki rasa yang khas.
Bahan-bahan yang didapat dari pasar yang menjual daging sapi dan daging tuna pilihan. Penjual seperti inidapat di jumpai di pasar yang menjual daging , dan ikanikan segar lainnya.. Sehubungan tempat penjualan adalah di Medan, sehingga tempat penghasil bahan utama tidak begitu jauh dari tempat penjualan. Sedangkan bahan pendukung yaitu bahan-bahan pokok seperti gula, sayur, garam, es, dan lain-lain didapat dari pedagang lokal.
Kontinuitas suplai dijaga dengan menjalin kerja sama dengan penjual daging . Hal ini dikarenakan adanya ketergantungan suplai daging  yang dibutuhkan. Oleh karena itu, dengan adanya kerja sama diharapkan penjual dapat dengan rutin mensuplai bahan utama yaitu daging sapi dan tuna pada ‘Warung Bakso Love Selfie Wow’.
Penjual mensuplai ‘Bakso Love Selfie Wow’ daging yang berkualitas secara berkelanjutan dan ‘Warung Bakso Love Selfie Wow’ akan memesan bahan baku utama hanya melalui penjual-penjual yang menjalin kerja sama. Jika penjual tersebut berhalangan dalam penyediaan bahan baku, maka ‘Warung  Bakso Love Selfie Wow’ berhak untuk membeli dari sumber lain.

VI.Rencana Pemasaran
 Pemasaran akan dilakukan dengan membagi selembaran-selembaran (brosur) di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu akan dilaukan dengan melalui media internet.
Peluang pasar untuk produk yang berbahan dasar tepung dan daging sapi dan tuna ini sangatlah besar melihat budaya masyarakat yang konsumtif dan peluang pasar yang menjanjikan. Selain itu daya beli komsumen terhadap produk ini cukup bervariasi dari konsumen elite hingga konsumen menegah bawah. Produk ini dapat dikonsumsi oleh semua golongan karena harganya yang relatif terjangkau serta memiliki nilai kepuasan yang tinggi.
1. Product (produk)

Produk yang direncanakan untuk diproduksi adalah bakso. bakso yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan disajikan dalam warung bakso. Pada warung bakso setiap orang yang datang untuk makan bakso ini akan di sarankan untuk melakukan foto bersama bakso yang telah  dihidangkan  dimeja  pembeli.

2. Place (lokasi/distribusi)

Usaha ini berlokasi di  Jln. K.L. Yos Sudarso Brayan Medan. Adapun sasaran pasar poduk bakso ini adalah mahasiswa di kampus STMIK & AMIK LOGIKA MEDAN dan Masyarakat sekitar Brayan dan Sekitarnya . Tempat penjualannya yang di depan kampus, bisa langsung di coba oleh mahasiswa tersebut.

3. Price (harga)

Penentuan harga jual dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya lain-lain dan tren yang berlaku. Jika produk yang menjadi idola (tren) harganya pun bisa dinaikan dari standar harga normal (misal pada saat cuaca panas atau ketika bulan puasa besar kemungkinan produk ini akan dibanjiri konsumen).
Adapun rencana harga jual dari produk bakso ini adalah Rp. 8000/porsi.

4. Promotion (promosi)

Promosi akan dilakukan untuk mengenalkan produk ini kepada konsumen. Promosi akan dilakukan dengan membagi selebaran-selebaran (brosur) di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu akan dilakukan dengan melalui media internet. Untuk promosi melalui internet akan dipromosikan lewat facebook dan situs-situs e-business lainnya seperti: bakso_loveselfie.com dll. serta melalui blog pemilik usaha yaitu ;
           
baksoloveagribisnis.wordpress.com .


6.1.Target Pasar
          Target pasar pada usaha ‘Warung Bakso Love Selfie Wow’ yaitu anak sekolah, mahasiswa, dan masyarakat sekitar. Warung Bakso Love Selfie Wow’ merupakan suatu tempat makan yang didesain bernuansa kafe akan tetapi sederhana sehingga diharapkan dengan diletakkan pada daerah dengan kriteria tersebut dapat menjangkau konsumen dengan kriteria tersebut.
Anak sekolah dan mahasiswa dapat berkunjung pada hari biasa dan hari libur siang ataupun malam. Dengan lokasi yang berada di daerah Medan Brayan maka diperkirakan malam hari tetap akan ramai oleh mahasiswa atau anak sekolah yang senang nongkrong. Sedangkan masyarakat sekitar dapat berkunjung ke warung bakso setiap hari.
6.2.Penetapan Harga
Secara garis besar produk ‘Warung Bakso Love Selfie Wow’ terbagi menjadi tiga, yaitu :
a.    Bakso memiliki harga berkisar Rp 8.000 - Rp 9.000
b.   Mie Goreng memiliki harga berkisar Rp 8.000- Rp 10.000
c.    Minuman memiliki harga berkisar Rp 3.000 - Rp 8.000

6.3.Pelaksanaan Distribusi
          Pelaksanaa Distribusi adalah suatu proses penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen dan para pemakai, sewaktu dan dimana barang atau jasa tersebut diperlukan., akan tetapi pada perusahaan kami, kami tidak menetapkan pelaksanaan distribusi.
6.4. Promosi Yang Di Lakukan
            Promosi akan dilakukan untuk mengenalkan produk ini kepada konsumen. Promosi akan dilakukan dengan membagi selebaran-selebaran (brosur) di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu akan dilakukan dengan melalui media internet. Untuk promosi melalui internet akan dipromosikan lewat facebook dan situs-situs e-business lainnya seperti: bakso_loveselfie.com dll. serta melalui blog pemilik usaha yaitu ;
           
baksoloveagribisnis.wordpress.com .


            6.5.Pengembangan Produk
Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan . Segala sesuatu yang termasuk ke dalamnya adalah barang berwujud, jasa, events, tempat, organisasi, ide atau pun kombinasi antara hal-hal yang baru saja disebutkan.

VII.Perencanaan Organisasi
Perencanaan adalah proses menentukan bagaimana organisasi dapat mencapai tujuannya, dimana ditujukan pada tindakan yang tepat melalui melalui proses analisa, evaluasi, seleksi diantara kesempatan-kesempatan yang diprediksi terlebih dahulu.
Pengorganisasian adalah suatu proses pembentukan kegunaan yang teratur untuk semua sumber daya dalam sistem manjemen.

7.1.Bentuk Kepemilikan Dan Struktur Organisasi
          Bentuk kepemilikan bisnis bakso yang kami buat yaitu berbentuk CV karena didirikan oleh lebih dari dua orang yaitu berjumlah 7 orang.
Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. Struktur Organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa melapor kepada siapa.
B. 4 Elemen Struktur Organisasi
Empat elemen dalam struktur organisasi yaitu :
1. Adanya spesialisasi kegiatan kerja
2. Adanya standardisasi kegiatan kerja
3. Adanya koordinasi kegiatan kerja
4. Besaran seluruh organisasi.
Struktur organisasi merupakan alat untuk membantu manajemen dalam mencapai tujuannya. Struktur organisasi dapat memiliki pengaruh yang besar pada anggotanya. Pengaruh struktur organisasi terhadap kepuasan dan kinerja karyawan mengarah pada suatu kesimpulan yang sangat jelas. Struktur organisasi menjelaskan bagaimana tugas kerja akan dibagi, dikelompokkan dan dikoordinasikan secara formal.
Struktur organisasi menunjukkan kerangka dan susunan perwujudan pola tetap hubungan. Hubungan diantara fungsi-fungsi, bagian-bagian ataupun posisi maupun orang-orang yang menunjukkan kedudukan tugas, wewenang dan tanggung jawab yang berbeda-beda dalam suatu organisasi Kerangka kerja organisasi disebut sebagai desain organisasi (organizational design). Bentuk spesifik dari kerangka kerja organisasi dinamakan dengan struktur organisasi (organizational structure).

7.2.Informasi Tentang Partner
          Partner kerja dalam usaha “Bakso Love Selfie Wow” berjumlah 7 orang, dimana status setiap partner adalah Mahasiswa/i STMIK & AMIK LOGIKA MEDAN, yaitu:
1.      Safitri Aventika Hutauruk ( Penanggung jawab )
2.      Lia Novita Sari Junaidi ( Anggota )
3.      Nurhayati Laia  ( Anggota )
4.      Rita Dameria Manalu  ( Anggota )
5.      Santa Tania Christiani Bangun ( Anggota )
6.      Syafrizal Fahmi ( Anggota )
7.      Syerlin Gulo ( Anggota )
73.Latar Belakang Anggota Tim Manajemen
          Tenaga kerja adalah suatu komponen pada unit usaha tertentu yang merupakan penggerak dari seluruh unit kegiatan karyawan di usaha kami datang dari latar belakang pendidikan yang berbeda-beda, kebanyakan dari karyawan kami tidak memiliki lulusan pendidikan, hanya yang memiliki lulusan paling tinggi SMA/SMK. Disiplin, tanggung jawab dan kerja sama sangat dianjurkan pada semua karyawan demi terciptanya etos kerja yang tinggi.
7.4.Peran Dan Tanggung Jawab Personalia Organisasi
          Masing-masing personalia memiliki tanggungjawab sendiri, yaitu sebagai berikut:
1. Penanggung Jawab berperan dalam memimpin dan memenej para karyawan dalam perusahaan    untuk memajukan usaha.manager juga bertanggung jawab atas maju mundurnya perusahaan.
2.   Karyawan bertugas melaksanakan perintah pimpinan atau atasan  sekaligus memberi masukan tentang bagaimana cara yang lebih baik untuk memajukan perusahaan.
 

                                           VIII.RESIKO
1.Strengths (Kekuatan)
a)      Proses pembuatannya mudah dan sederhana
b)      Kualitas rasa dan tekstur produk yang khas (beda dengan yang lain).
c)      Harga jual murah meriah
d)     Tempat penjualan dan konsumen telah tersedia
e)      Memanfaatkan e-Business  untuk  mempromosikan   produk melalui internet.
f)       Tempat produksi ada di wilayah perumahan/ruko yang rata-rata dekat kampus mahasiswa
g)      Pelayan yang se Terbaik mungkin
h)      Kualitas produk terjamin
2.Weaknesses (Kelemahan)
a)      Harga bahan baku (Bakso) yang relatif tidak menentu (stabil).
b)      Manajemen perusahaan masih sederhana
c)     Jika tidak tepat prosesnya bakso tidak lembut ( keras )
d)      Kurang cukup modal mengingat kita sebagai mahasiswa
e)       Proses produksi bentrok dengan jadwal kuliah
3.Opportunities (Peluang )
a)    Pertumbuhan pasar dimungkinkan meningkat
b)    Peluang pasar untuk mendapatkan konsumen yang menjanjikan
c)    Belum ada pesaing  khususnya untuk pemasaran di kampus
d)   Keterbukaan untuk menggunakan teknologi baru ke depannya untuk membuat kemajuan  besar dibidang produksi khususnya.
e)    Cuaca medan yang panas membuat orang ingin mengkonsumsi makanan yang enak.
4. Threats (Ancaman)
a)      Selera konsumen yang selalu berubah – ubah mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembelian produk
b)      bakso tidak bisa disimpan lama dan akan merugikan jika tidak laku dalam sehari
c)      Munculnya pesaing baru
d)     Banyaknya  variasi makanan.

8.1.Evaluasi Kelemahan Bisnis
Weaknesses (Kelemahan)
a)      Harga bahan baku (Bakso) yang relatif tidak menentu (stabil).
b)      Manajemen perusahaan masih sederhana
c)     Jika tidak tepat prosesnya bakso tidak lembut ( keras )
d)      Kurang cukup modal mengingat kita sebagai mahasiswa
e)       Proses produksi bentrok dengan jadwal kuliah

8.2.Gambaran Teknologi
Teknologi yang digunakan cukup sederhana yaitu hanya berupa peralatan memasak biasa. Selain itu penggunaan Internet juga sangat penting untuk Pemasaran.

IX.Perencanaan Keuangan
Fungsi perencanaan keuangan pribadi atau keluarga adalah mengelola keuangan untuk masa depan sedini mungkin dalam mencapai tujuan keuangan , dilakukan secara terencana, teratur dan bijaksana (bisa jadi membutuhkan perencana keuangan. Direncanakan, yang berarti kita dapat mengantisipasi yang akan terjadi di masa yang akan datang . Teratur , yang berarti bahwa kita memiliki cara atau strategi keuangan dengan mempertimbangkan yang prioritas ataukah yang kurang prioritas lebih jelas . Dan mengelola uang dengan bijaksana dapat berarti secara masuk akal atau sesuai nalar , tidak emosional .
Tugas utama dari Perencana Keuangan adalah untuk membantu individu atau keluarga untuk mengembangkan rencana keuangan untuk mencapai tujuan keuangan yang telah atau ditetapkan . Pada hal ini perencanaan keuangan adalah lebih berkaitan dengan keuangan pribadi daripada keuangan perusahaan. Sebagai bahan kekayaaan pengetahuan kita, silahkan bisa menuju ke situs wikepedia untuk mengetahui lebih lanjut tentang profesi perencana keuangan.
Rencana keuangan berisi daftar tujuan keuangan disertai dengan saran tentang cara bagaimana untuk mencapai hal itu , dan tentu saja disesuaikan dengan keadaan seseorang atau keluarga bersangkutan .

9.1.Sumber Dana/Modal
          Sejalan dengan perkembangan teknologi dan makin jauhnya spesialisasi dalam perusahaan serta makin banyaknya perusahaan-perusahaan yang menjadi besar, maka modal mempunyai arti yang lebih menonjol lagi. Masalah modal dalam perusahaan merupakan masalah yang tidak akan pernah berakhir karena bahwa masalah modal itu mengandung begitu banyak dan berbagai macam aspek. Hingga saat ini di antara para ahli ekonomi juga belum terdapat kesamaan opini tentang apa yang disebut modal.

9.2.Pembiayaan  Atau Produksi, Tenaga Kerja,Pemasaran, Promosi dan lain-lain
Pembiyaan merupakan salah satu tugas pokok bank, yaitu pemberian fasilitas penyediaan dana untuk memenuhi kebutuhan pihak-pihak yang merupakan defisit unit. Menurut sifat penggunaanya, pembiyaan dapat dibagi menjadi dua hal berikut.
1.      Pembiayaan produktif, yaitu pembiayaan yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan produksi dalam arti luas, yaitu untuk peningkat usaha, baik usaha produksi, perdagangan, maupun investasi.
2.      Pembiayaan konsumtif, yaitu penbiayaan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi, yang akan habis digunakan untuk memenuhi kebutuhan.
Menurut keperluannya, pembiayaan produktif dapat digunakan menjadi dua hal berikut.
3.      Pembiayaan modal kerja, yaitu pembiayaan untuk memenuhi kebutuhan: (a) peningkatan produksi, baik secara kuantitatif, yaitu jumlah produksi. Maupun secara kualitatif, yaitu peningkatan kualitas mutu hasil produksi. Dan (b) untuk keperluan perdagangan atau peningkatan utility of place dari suatu barang.
4.      Pembiayaan investasi, yaitu untuk memenuhi kebutuhan  barang-barang modal (capitagoods)



The Greek alphabet
No
     Uraian
            Jumlah
Unit
Harga Per-Unit
Jumlah Harga

1
1
2
2
2
3
1
4
1
5
2


9.3.Prediksi Laba Atau Keuntugan Per Bulan dan Per Tahun
1) Analisa Biaya Usaha
a. Biaya tetap
No
Uraian
Jumlah (unit)
Harga/buah & lusin  (Rp)
Jumlah harga (Rp)
Masa pakai (bln)
Penyusutan (Th)
Penyusutan (Bln)
1
Rumah produksi
1
10.000.000
10.000.000
12
10.000.000
833.333
2
Kursi
20
50.000
1.000.000
-
-
-
3
Meja+meja kasir
5+1
100.000+120.000
500.000+120.000
-
-
-
4
Pisau
3
5.000
25.000
-
-
-
5
Mangkuk + Gelas(gelas plastik & gelas kaca 1 lusin)
2+2 lusin
50.000/lusin + 10.000/lusin + 10.000 (gelas kaca/6buah)
100.000 + 10.000 + 20.000
-
-
-
6
Tapak / piring kecil
1 lusin
25.000
25.000
-
-
-
7
Kompor gas
1
150.000
150.000
-
-
-
8
Panci 2 + Kuali
2+1
45.000/buah + 50.000
90.000+50.000
-
-
-
Total

12.090.000
12.090.000
-
10.000.000
833.333








b. Biaya variabel
No
Uraian
Jumlah(unit)
Harga( Rp)
Jumlah harga (Rp)
1
Bahan baku




Daging Sapi & Ikan Tuna
6 kg+1/2 kg
90.000+20.000
540.000+20.000
Bawang
1 kg
30.000
30.000
Tepung
2 bungkus
2000
4.000
Penyedap
2 kaleng
15.000
30.000
2
Bahan pendukung




Gas LPG
1 tabung
120.000
120.000
Plastik ukuran  ½ kg
1 bungkus
5.000
5.000
Tisyu
1 bungkus
15.000
15.000
Spanduk
1
100.000
100.000
3
Tenaga kerja








Karyawan + tukang masak
2 orang + 1 orang
600.000 + 800.000
1.200.000 + 800.000
Administrasi keuangan
1 orang
-
-
Pengadaan bahan
1 orang
625.000
625.000








Biaya variabel perbulan adalah Rp (624.000 x 30 ) + (240.000 x 4 ) + (2.725.000)
                                                = Rp. 18.720.000 + Rp. 960.000 + Rp. 2.275.000
                                                = Rp. 21.955.000

c. Biaya lain – lain (perbulan)
No
Uraian
Volume
Harga per unit
Jumlah harga
Jumlah
Unit
1
Transportasi
2
3 hari
10.000
30.000
2
Promosi
2
3 hari
50.000
150.000
3
Listrik
1
Bln
150.000
150.000
Total



330.000
Jumlah biaya usaha
No
Jenis biaya
Jumlah biaya (Rp/bln)
1
Biaya tetap
12.090.000
2
Biaya variable
21.955.000
3
Lain – lain
330.000
Total
34.375.000
Harga jual        : Rp. 10.000 (bakso)
                          Rp. 10.000 (mie goring)
                          Rp. 6.000 (juice)
                          Rp. 3.000 (teh manis panas & dingin)



2). Penerimaan dan Laba
No
Pendapatan
Penerimaan per hari (Rp)
Penerimaan per bulan (Rp)
Penerimaan per tahun (Rp)
1.
10.000 x 200 org
2.000.000
60.000.000
720.000.000
2.
10.000 x 50 org
500.000
15.000.000
180.000.000
3.
6.000 x 20 org
120.000
3.600.000
43.200.000
4.
3.000 x 50 org
150.000
4.500.000
54.000.000
Total
2.770.000
83.100.000
997.200.000

Laba per bulan                        =  Pendapatan – Beban
                                    = Rp.83.100.000 – Rp.34.375.000
                                    = Rp.48.725.000

Pendapatan Masing-masing Anggota = Rp.48.725.000 / 7 org
                                                            = Rp.6.960.714

 

 X. Kesimpulan


Berdasarkan hasil penghitungan penjualan dan biaya yang dikeluarkan, usaha ‘Warung Bakso Love Selfie Wow’ layak untuk didirikan. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :
  1. Perlunya penangan biaya operasional sekecil mungkin, terutama yang berkaitan dengan biaya pembuatan makanan dan minuman
  2. Peninjauan lokasi yang sesuai dengan target
  3. Penanganan biaya asset sekecil mungkin
  4. Peningkatan kualitas dari produk yang dihasilkan
e.       Peningkatan pelayanan

No comments:

Post a Comment